Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:32 WIB | Sabtu, 16 Juli 2022

Joe Biden Janjikan Bantuan US$100 Juta untuk Rumah sakit Palestina

Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, dan Presiden AS, Joe Biden, berjabat tangan di kota Bethlehem, Tepi Barat, Jumat, 15 Juli 2022. (Foto: AP/Evan Vucci)

BETLEHEM, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menjanjikan tambahan bantuan senilai US$ 100 juta untuk mendukung rumah sakit Palestina di Yerusalem Timur pada hari Jumat (15/7), tetapi tidak menawarkan proposal baru untuk menghidupkan kembali dialog politik yang macet antara para pemimpin Palestina dan Israel.

Biden diperkirakan menyatakan kembali dukungannya untuk solusi dua negara untuk konflik selama beberapa dekade ketika dia bertemu dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, tetapi tidak ada harapan akan ada terobosan politik besar.

Saat ia menyelesaikan perjalanan pertama ke Timur Tengah sebelum berangkat ke Arab Saudi, Biden mengunjungi sebuah rumah sakit di Yerusalem Timur dan menjanjikan paket bantuan keuangan dan teknis multi-tahun senilai US$100 juta.

Tetapi para pejabat mengatakan dia tidak akan membawa proposal baru apa pun kepada Abbas, yang sangat kecewa dengan apa yang dia lihat sebagai kegagalan AS untuk memenuhi janji mengenai berbagai masalah termasuk pembukaan kembali konsulatnya di Yerusalem, yang ditutup oleh mantan Presiden Donald Trump pada tahun lalu. 2019.

Sebelum kunjungannya, para pemimpin Palestina menuduh pemerintahan Biden memprioritaskan integrasi Israel ke dalam pengaturan keamanan regional dengan negara-negara Arab di atas kekhawatiran mereka, termasuk penentuan nasib sendiri dan melanjutkan pembangunan pemukiman Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Pejabat pemerintahan Biden telah menolak tuduhan Palestina tidak bertindak, menunjuk pada pembalikan pemotongan dana dan pembekuan diplomatik yang diberlakukan oleh Trump.

“Benar-benar tidak ada hubungan apa pun, tidak ada diskusi dengan Palestina, pendanaan telah sepenuhnya terputus, benar-benar tidak ada prospek diskusi politik dalam bentuk apa pun,” kata seorang pejabat.

Dia mengatakan langkah untuk memperdalam integrasi regional Israel bukanlah “akhir dari masalah mendasar itu.”

Selain uang untuk rumah sakit Yerusalem Timur, ia akan mengumumkan langkah-langkah untuk meningkatkan jaringan telekomunikasi di Tepi Barat dan Gaza ke standar 4G kecepatan tinggi pada akhir 2023 dan langkah-langkah lain untuk memudahkan perjalanan antara Tepi Barat dan negara tetangga Yordania.

Selain itu, akan ada paket dana terpisah US$ 201 juta yang disediakan melalui badan bantuan PBB UNRWA untuk membantu pengungsi Palestina.

Solusi dua negara dengan negara Palestina merdeka di samping negara Israel yang ada telah lama menjadi solusi yang disukai masyarakat internasional. Tapi itu telah muncul sebagai prospek yang semakin jauh, dengan sikap mengeras dan dukungan memudar di kedua belah pihak.

Pada hari Kamis, baik Biden dan PM Israel, Yair Lapid, menyuarakan dukungan untuk model dua negara bagian. Tetapi dengan Israel menuju pemilihan pada bulan November dan sedikit dukungan untuk menghentikan perluasan permukiman Israel di tanah Tepi Barat yang diinginkan Palestina untuk negara masa depan, prospek langsung untuk kesepakatan tampak masih jauh. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home