Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:35 WIB | Kamis, 10 November 2022

Joe Biden Persiapkan Pertemuan dengan Xi Jinping di Tengah KTT G20 Bali

Presiden AS, Joe Biden, berbicara di Ruang Makan Negara Gedung Putih di Washington, Rabu, 9 November 2022. (Foto: AP/Susan Walsh)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengatakan pada hari Rabu (9/11) bahwa dia berencana antisipasi pertemuan dengan Presiden China, Xi Jinping, untuk membahas meningkatnya ketegangan antara Washington dan Beijing atas pulau Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, kebijakan perdagangan dan hubungan Beijing dengan Rusia.

Gedung Putih mengatakan sedang bekerja dengan pejabat China untuk mengatur pertemuan antara Biden dan Xi di sela-sela KTT Kelompok 20 (G20), pekan depan di Bali, Indonesia, tetapi kedua belah pihak belum mengkonfirmasi pertemuan itu akan berlangsung.

Biden mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers Gedung Putih bahwa dia memiliki banyak hal untuk didiskusikan dengan Xi, karena perkembangan hubungan AS-China dalam beberapa bulan terakhir.

“Apa yang ingin saya lakukan dengannya ketika kita berbicara adalah menjelaskan apa garis merah kita masing-masing dan memahami apa yang dia yakini sebagai kepentingan nasional kritis China, apa yang saya tahu sebagai kepentingan kritis Amerika Serikat,” kata Biden. "Dan tentukan apakah mereka saling bertentangan atau tidak."

Pemerintah Xi telah mengkritik sikap pemerintahan Biden terhadap Taiwan, yang pada akhirnya ingin disatukan oleh Beijing dengan daratan komunis, sebagai merusak integritas teritorial China. Presiden China juga telah menyebutkan bahwa Washington ingin menahan pengaruh Beijing yang semakin besar ketika mencoba untuk menyalip AS sebagai ekonomi No. 1 di dunia.

Ketegangan di Taiwan telah meningkat sejak Ketua Kongres, Nancy Pelosi, mengunjungi Taiwan pada bulan Agustus. Biden mengatakan bahwa dia “tidak mau membuat konsesi mendasar apa pun” tentang doktrin Taiwan.

Di bawah kebijakan "Satu China", Amerika Serikat mengakui pemerintah di Beijing sambil mengizinkan hubungan informal dan hubungan pertahanan dengan Taipei. Dibutuhkan sikap “ambiguitas strategis” terhadap pertahanan Taiwan, membiarkannya terbuka apakah akan merespons secara militer jika pulau itu diserang.

Biden menyebabkan kegemparan di Asia pada bulan Mei ketika pada konferensi pers di Tokyo, mengatakan "ya" ketika ditanya apakah dia bersedia terlibat secara militer untuk membela Taiwan jika China menyerbu. Gedung Putih dan Menteri Pertahanan, Lloyd Austin, dengan cepat mengklarifikasi bahwa tidak ada perubahan dalam kebijakan AS.

Beijing melihat kontak resmi Amerika dengan Taiwan sebagai dorongan untuk membuat kemerdekaan de facto pulau yang telah berusia puluhan tahun menjadi permanen, sebuah langkah yang menurut para pemimpin AS tidak mereka dukung. Pelosi adalah pejabat Amerika terpilih berpangkat tertinggi yang berkunjung sejak saat itu menjadi pembicara Newt Gingrich pada tahun 1997.

Pertemuan Biden-Xi akan menjadi yang pertama antara para pemimpin ekonomi terbesar dunia sejak Biden menjadi presiden pada Januari 2021. Keduanya melakukan perjalanan bersama di AS dan China pada 2011 dan 2012 ketika mereka menjabat sebagai wakil presiden negara mereka, dan mereka telah mengadakan lima pembicaraan telepon atau video sejak Biden menjadi presiden.

Tetapi hubungan AS-China menjadi jauh lebih rumit sejak pembicaraan saling mengenal di Washington dan di dataran tinggi Tibet satu dekade lalu.

Sebagai presiden, Biden telah berulang kali menuduh China melakukan pelanggaran hak asasi manusia terhadap orang-orang Uyghur dan etnis minoritas lainnya. Dia telah mengambil tugas Beijing untuk tindakan kerasnya terhadap aktivis demokrasi di Hong Kong, praktik perdagangan koersif, provokasi militer terhadap Taiwan dan perbedaan atas perang Rusia melawan Ukraina.

Beberapa pekan sebelum Vladimir Putin meluncurkan invasi ke Ukraina, presiden Rusia bertemu dengan Xi di Beijing dan keduanya mengeluarkan memorandum yang mengungkapkan harapan akan hubungan “tanpa batas” bagi negara mereka.

China sebagian besar menahan diri untuk tidak mengkritik perang Rusia tetapi juga menahan diri untuk memasok senjata ke Moskow. “Saya tidak berpikir ada banyak rasa hormat yang dimiliki China untuk Rusia atau Putin,” kata Biden. “Dan faktanya, mereka sedikit menjaga jarak.”

Pada masalah lain, pejabat Gedung Putih telah menyatakan frustrasi bahwa Beijing tidak menggunakan pengaruhnya untuk menekan Korea Utara untuk mundur dari melakukan uji coba rudal provokatif dan untuk meninggalkan program senjata nuklirnya.

Xi tinggal dekat dengan rumah selama pandemi global COVID-19. Dia melakukan perjalanan pertamanya di luar China sejak awal pandemi pada bulan September dengan singgah di Kazakhstan dan kemudian Uzbekistan untuk mengambil bagian dalam Organisasi Kerjasama Shanghai delapan negara dengan Putin dan para pemimpin lain dari kelompok keamanan Asia Tengah.

Xi bulan lalu dianugerahi masa jabatan ketiga, lima tahun yang melanggar norma sebagai pemimpin Partai Komunis China selama kongres nasional partai tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home