Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:03 WIB | Minggu, 05 Juni 2022

Joe Biden Sempat Dievakuasi Ketika Pesawat Kecil Masuk Wilayah Zona Udara Terbatas

Presiden AS Joe Biden berbicara kepada media saat ia kembali dari Wilmington, Delaware, ke Gedung Putih di Washington, AS, 30 Mei 2022. (Foto: dok. Reuters)

DELAWARE, SATUHARAPAN.COM-Sebuah pesawat pribadi kecil secara keliru memasuki wilayah udara terbatas di dekat rumah liburan Delaware milik Presiden Joe Biden pada hari Sabtu (4/6), mendorong evakuasi singkat presiden dan ibu negara, kata Gedung Putih dan Dinas Rahasia.

Gedung Putih mengatakan tidak ada ancaman terhadap Biden atau keluarganya dan tindakan pencegahan telah diambil. Setelah situasi dievaluasi, Biden dan istrinya, Jill, kembali ke rumah mereka di Pantai Rehoboth.

Secret Service mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pesawat itu segera dikawal dari wilayah udara terbatas setelah "secara keliru memasuki area aman." Badan tersebut mengatakan akan mewawancarai pilot yang, menurut penyelidikan awal, tidak berada di saluran radio yang tepat dan tidak mengikuti panduan penerbangan yang diterbitkan.

Seperti praktik standar untuk perjalanan kepresidenan di luar Washington, Administrasi Penerbangan Federal menerbitkan pembatasan penerbangan awal pekan ini sebelum kunjungan Biden ke kota pantai itu. Pembatasan termasuk zona larangan terbang radius 10 mil yang terkandung dengan zona terlarang 30 mil.

Seorang reporter CBS News mengatakan di Twitter bahwa dia melihat Biden mengendarai mobil ke stasiun pemadam kebakaran Pantai Rehoboth. Rombongan wartawan yang bepergian dengan presiden bukan bagian dari iring-iringan mobil.

Peraturan federal mengharuskan pilot untuk memeriksa pembatasan penerbangan di sepanjang rute mereka sebelum lepas landas. Namun, pelanggaran wilayah udara yang tidak disengaja, terutama di sekitar zona terbatas sementara, sering terjadi.

Jet militer AS dan helikopter Penjaga Pantai sering digunakan untuk mencegat setiap pesawat yang melanggar pembatasan penerbangan di sekitar presiden. Pesawat yang dicegat dialihkan ke lapangan terbang terdekat di mana awak pesawat diwawancarai oleh penegak hukum dan menghadapi kemungkinan hukuman pidana atau perdata. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home