Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 13:51 WIB | Selasa, 21 Juni 2016

Joe Biden: Trump Pemicu anti-Amerikasisme

Trump saat memberikan pidato kampanyenya di Las Vegas, Nevada, hari Sabtu (18/6) (Foto: Reuters)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Wakil Presiden AS, Joe Biden, memberi peringatan tentang lonjakan potensial anti-Amerika. Ia juga menggoyahkan pandangan Donald Trump tentang kebijakan luar negeri dan meminta pemerintah untuk tidak mengikuti kandidat dari Partai Republik ini dengan pengisolasian dan fanatik.

Dalam pidatonya hari Senin (20/6) di Pusat Keamanan Baru Amerika, Biden merencanakan untuk memberikan sanggahan titik demi titik ide-ide Trump tentang imigrasi, terorisme dan hubungan dengan Rusia. Salah satu kutipan pidatonya yang  dirilis terlebih dahulu oleh Gedung Putih, Biden memperingatkan kebijakan yang akan membuat AS dan lingkungannya lebih miskin, kurang demokratis, dan kurang aman.

“Memegang politik ketakutan dan intoleransi , seperti proposal untuk melarang umat Islam dari memasuki Amerika Serikat atau memfitnah seluruh komunitas agama terlibat dalam terorisme , dan mempertanyakan demokrasi Amerika” yang dimaksudkan Biden.

Pidato Biden di Washington adalah untuk membentuk teguran yang paling terencana dan panjang untuk Trump, apalagi ini keluar dari mulut  Wakil Presiden. Presiden Barrack Obama juga memasukkan diri ke pemilu dalam upaya untuk menghentikan Trump. Awal bulan ini baik Biden jug Obama mendukung Hillary Clinton dan keduanya akan memulai kampanye agresif dalam beberapa hari mendatang.

Meskipun Biden tidak menyebutkan nama Trump dalam pidatonya, tapi sasarannya ditujukan dengan jelas. Baru-baru ini saja Trump melarang imigrasi Muslim dengan menyarankan AS untuk mempertimbangkan profil Muslim dan melakukan metode interogasi yang keras lain untuk pencegahan serangan teroris.

“Mengadopsi taktik musuh kita seperti menggunakan penyiksaan, mengancam akan membunuh anggota keluarga yang tidak bersalah, tanpa pandang bulu tidak hanya melanggar nilai-nilai kita, itu juga merusak keamanan kami” kata Biden. Dia menegaskan argumen Obama bahwa mengutuk Musim di dunia benar-benar akan membantu kelompok Negara Islam dengan bermain “narasi ekstremis”.

"Jika kita membangun dinding dan melecehkan tetangga terdekat kita, kita akan cepat melihat semua kemajuan ini menghilang, digantikan oleh kembalinya anti-Amerikanisme dan keretakan korosif seluruh belahan bumi kita," kata Biden.

 Wapres juga berusaha untuk melemahkan argumen Trump bahwa jika terpilih, AS akan menikmati hubungan yang lebih konstruktif dan ramah dengan Rusia, menyusul hubungan disfungsional di bawah Obama. Presiden Rusia Vladimir Putin, yang telah memuji kecerdasan Trump di masa lalu, baru-baru ini mengelak pertanyaan tentang apakah ia lebih suka Trump atau Clinton dan berjanji untuk bekerja dengan siapa pun yang menang.

Meskipun AS memutus hubungan militer resmi dengan Rusia pada tahun 2014 untuk memprotes tindakan di Ukraina, militer kedua negara telah berusaha untuk mempertahankan jalur komunikasi untuk menghindari konfrontasi sengaja di Suriah, di mana kedua militer memerangi kelompok ISIS tapi back sisi yang berlawanan di perang sipil Suriah. Biden mengatakan bahwa sebagai teknologi militer baru meningkatkan risiko kesalahan atau eskalasi, AS perlu menemukan "saluran baru dengan Moskow untuk berkomunikasi dengan jelas niat kita." (al-Arabiya/kav)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home