Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:05 WIB | Kamis, 05 November 2020

Joe Biden Yakin Dia Akan Menang

Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden, ketika meninggalkan mimbar setelah berbicara sehari setelah orang Amerika memberikan suara pada hari pemilihan presiden pada 4 November 2020 di Wilmington, Delaware. (Foto: AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden, mengatakan bahwa dia yakin akan memenangkan kursi kepresidenan setelah semua suara dihitung, dengan mengatakan dia mengungguli Donald Trump di enam negara bagian yang tersisa yang akan menentukan hasil pemilihan.

Dengan hasil dari pemilihan hari Selasa (3/11) waktu AS, yang menunjukkan Biden terus mendekati ambang yang diperlukan untuk memenangkan Gedung Putih, Trump telah mengajukan tantangan hukum dalam upaya untuk menangguhkan penghitungan suara atau penghitungan ulang paksa di medan “pertempuran” yang akan menentukan presiden berikutnya.

"Setelah penghitungan yang panjang, jelas bahwa kami memenangkan cukup banyak negara bagian untuk mencapai 270 suara elektoral yang diperlukan untuk memenangkan kursi kepresidenan," kata Biden di kampung halamannya di Wilmington, Delaware.

"Saya di sini bukan untuk menyatakan bahwa kami menang. Tapi saya di sini untuk melaporkan, setelah penghitungan selesai, kami yakin kami akan menjadi pemenang," tambah Biden.

Bahkan ketika jaringan AS menyebut Michigan, dan 16 suara elektoralnya, untuk Biden pada hari Rabu (4/11), kampanye presiden mengumumkan gugatan untuk mencoba dan menangguhkan penghitungan suara di medan pertempuran yang diperebutkan dengan sengit.

Biden, berbicara dengan nada terukur dan tenang, menolak, menyatakan bahwa "setiap suara harus dihitung."

"Kami, rakyat tidak akan dibungkam," tambahnya dan pasangannya, Kamala Harris, berdiri di sisinya.

Mantan wakil presiden berusia 77 tahun itu berbicara tentang tiga negara bagian Great Lakes yang bisa menjadi kunci kemenangan Biden, mencatat dia telah memenangkan Wisconsin dengan 20.000 suara.

"Di Michigan, kami memimpin dengan lebih dari 35.000 suara dan itu berkembang, margin yang jauh lebih besar daripada yang dimenangkan Presiden Trump di Michigan pada tahun 2016," katanya.

Dan ketika sampai pada keadaan yang mungkin sangat penting dari keseluruhan pemilihan, Biden berkata, "Saya merasa sangat baik tentang Pennsylvania."

Trump memimpin di Keystone State dengan 84 persen pelaporan wilayah. Tetapi Biden mengatakan sebagian besar surat suara yang tersisa untuk dihitung telah dikirim, dan bahwa dia telah memenangkan sekitar 78 persen suara melalui surat di Pennsylvania. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home