Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 08:57 WIB | Minggu, 13 Maret 2022

Jokowi Akan Kemah dan Lakukan Ritual Kendi di Lokasi IKN Nusantara

Jokowi Akan Kemah dan Lakukan Ritual Kendi di Lokasi IKN Nusantara
Prosesi adat pengambilan tanah dan air di Kutai Lama Kukar dilakukan Ketua Adat Kutai Lama Abdul Munir disaksikan Camat Anggana Rendra Abadi, Karo Adpim Setda Prov Kaltim Syafranuddin, Kapolsek Anggana AKP Andy Wahyudi serta Kepala Desa Kutai Lama, Nurdin. (Foto-foto: Antara)
Jokowi Akan Kemah dan Lakukan Ritual Kendi di Lokasi IKN Nusantara
Petugas persiapkan fasilitas dan sarana prasarana di lokasi bakal berkemah Presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara, di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim.

PENAJAM, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo akan berkemah di kawasan yang akan dibangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Perkemahan akan berada titik nol IKN di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timurpada hari Senin (14/3).

Ada lima gubernur se-Kalimantan yang akan berkemah bersama Presiden. Sementara 33 atau semua gubernur di Indonesia akan hadir ke lokasi berkemah bersama Presiden," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, HM Syafranuddin, di Penajam, hari Sabtu (12/3).

Para gubernur yang berkemah dan menginap bersama Presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara tersebut, yakni Gubernur Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Gubernur Kalimantan Utara.

Ritual Kendi Nusantara

Dalam kegiatan kemah tersebut, rencananya Presiden Jokowi juga akan melakukan ritual Kendi Nusantara bersama 33 gubernur se-Indonesia.

Para gubernur yang hadir diinstruksikan membawa air dan tanah dari masing-masing daerah asal, kemudian disatukan dalam Kendi Nusantara yang disimpan di titik nol IKN Nusantara.

Gubernur Kaltim, Isran Noor, membawa tanah dan air dari dua daerah, kata HM Syafranuddin, yakni dari Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser. “Kami sudah mengambil air di Desa Kutai Kartanegara dan tanah di Paser,” kata Syafranuddin.

Prosesi pengambilan tanah dan air dilakukan di Desa Kutai Lama, Kecamatan Anggana Kukar dan Kabupaten Paser. Pemkab Kukar dan Paser bersama Kesultanan Kutai Kartanegara dan Paser, memberikan dukungan penuh.

Lokasi IKN Indonesia sebagian di wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara dan sebagian Kesultanan Paser, air serta tanah tersebut simbol mewakili Kesultanan di Provinsi Kaltim.

Syafrranuddin mengatakan, "Kegiatan ritual serta kemah Presiden itu Senin (14/3), Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Balikpapan, Minggu (13/3), atau satu hari sebelum kegiatan, dan menginap di Balikpapan dulu."

Sejumlah fasilitas dan sarana prasarana di lokasi bakal berkemah Presiden Jokowi sudah dipersiapkan di titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, antara lain fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus), jaringan telekomunikasi, listrik, air dan lainnya.

"Tenda serta perlengkapan yang akan dipergunakan Presiden menginap juga dipersiapkan, pada hari pelaksanaan sudah 100 persen dan dapat dipergunakan Presiden dan rombongan," katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home