Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 10:34 WIB | Jumat, 24 Juli 2015

Jokowi akan Periksa Kemajuan Pembangunan Waduk Raknamo, NTT

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) dan Wapres Jusuf Kalla (kanan) memimpin rapat kabinet terbatas yang membahas soal pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2015 di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (23/7). Presiden Joko Widodo meminta agar Pilkada serentak yang akan digelar pada 9 Desember nanti berjalan aman, damai dan lancar. (Foto: Antara/Widodo S. Jusuf)

KUPANG, SATUHARAPAN.COM – Presiden Joko Widodo akan meninjau kemajuan proses pembangunan Waduk Raknamo, di kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat (24/7).

“Agenda kunjungan Presiden masih akan dibahas bersama dengan protokoler Istana, tetapi salah satu agendanya adalah melihat kemajuan pembangunan Waduk Raknamo,” kata Sekretaris Daerah provinsi NTT Frans Salem, di Kupang, Jumat.

Dia mengemukakan hal itu berkaitan dengan agenda kunjungan Presiden Joko Widodo selama dua hari di Kupang pada Jumat (24/7) dan Sabtu (25/7).

Rencana kedatangan Presiden Joko Widodo ke NTT itu baru disampaikan secara mendadak. Rencana itu baru disampaikan pada Kamis (23/7) malam sekitar pukul 22.00 WITA.

   Baca juga:

Kepala Dinas Pekerjaan Umum NTT Andre Koreh yang dikonfirmasi terpisah mengenai kunjungan Presiden ke Raknamo juga membenarkan.

“Ya, benar Presiden akan ke Raknamo,” jawab Andre melalui pesan singkat dan menambahkan bahwa pihaknya sudah siap menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Raknamo.

Mengenai progress pekerjaan Bendungan Raknamo, Andre mengatakan, pembangunan sudah mencapai 20 persen. Khusus untuk tahun 2015 ini sudah 81 persen anggaran diserap.

Pembangunan Waduk Raknamo yang menelan dana APBN sekitar Rp 732 miliar dimulai 2015. Peletakan batu pertama pembangunan Waduk Raknamo yang mampu menampung air baku 14,09 juta meter kubik itu dilakukan Presiden Joko Widodo pada 20 Desember 2014 lalu.

1.300 Pasukan Disiagakan

Sebanyak 1.300 pasukan gabungan dari unsur TNI dan Polri disiagakan untuk mengamankan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kupang pada Jumat.

“Ini memang kunjungan kerja dadakan, namun kami akan selalu siap siaga untuk mengamankan kepala negara,” kata Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Heri Wiranto usai menggelar apel pasukan pengamanan presiden.

Ia menjelaskan informasi tentang kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke NTT itu, baru diperolehnya pada Kamis (23/7) malam pukul 22.00 WITA dari Protokol Kepresidenan di Jakarta.

Usai mendapat informasi tersebut, jenderal berbintang satu itu langsung mengadakan rapat dadakan dengan Gubernur NTT Frans Lebu Raya dan Kapolda NTT Brigadir Jenderal Pol Endang Sunjaya.

“Kami telah berkoordinasi dengan semua pejabat di sini. Dan masih ada waktu untuk melaksanakan tugas-tugas pengamanan sesuai standar VVIP,” tuturnya.

Presiden Joko Widodo akan mendarat di Bandara El Tari Kupang pada pukul Jumat malam sekitar 20.30 WITA, dan akan berkunjung ke sejumlah objek pada Sabtu (25/7).

Presiden Jokowi dijadwalkan akan memantau perkembangan kemajuan pembangunan Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang, sekitar 40 km timur kota Kupang.

Bendungan seluas 147 hektare itu diperkirakan mampu memenuhi persediaan air baku bagi kebutuhan manusia serta hewan dan tanaman sekitarnya.

Terkait kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan oleh Presiden di Kupang, Danrem mengatakan belum mengetahui secara pasti.

“Kita sesuaikan saja jadwal Pak Presiden. Pastinya besok akan ke Raknamo,” ia menambahkan. (Ant)

Editor : Bayu Probo

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home