Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 16:48 WIB | Sabtu, 19 November 2022

Jokowi Bertemu PM Arab Saudi MBS dan Kepala Eksekutif Hong Kong

Pertemuan dilakukan di sela-sela KTT APEC di Bangkok, Thailand. Dengan Hong Kong Jokowi bahas perdagangan, investasi dan perlindungan WNI.
Jokowi Bertemu PM Arab Saudi MBS dan Kepala Eksekutif Hong Kong
Pertemuan Bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan PM Arab Saudi di Bangkok, Hari Jumat (18/11). (Foto-foto: BPMI Setpres)
Jokowi Bertemu PM Arab Saudi MBS dan Kepala Eksekutif Hong Kong
Pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dan Chief Executive Daerah Adminitrasi Khusus Hong Kong, John Lee di Bangkok, Thailand, hari Jumat (18/11).

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) dan Kepala Eksekutif Hong Kong, John Lee. Pertemuan dilakukan di sela penyelenggaraan KTT APEC di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok, Jumat (18/11/2022) pagi.

Dalam sambutan pengantarnya, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran MBS pada KTT G20 di Bali Indonesia beberapa waktu lalu.

Tiga Isu Dibahas dengan Hong Kong

Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa kerja sama kedua negara sudah berjalan sangat baik dan berharap akan dapat terus ditingkatkan di masa mendatang.

Dalam pertemuan dengan Chief Executive Daerah Adminitrasi Khusus Hong Kong, John Lee, Jokowi membahas tiga isu utama yaitu kerja sama perdagangan, investasi, dan perlindungan WNI di Hong Kong.

“Saya melihat banyak potensi yang dapat digarap khususnya dengan Hong Kong untuk mewujudkan kerja sama perdagangan yang seimbang. Akses produk Indonesia dapat diperluas, termasuk perikanan, makanan olahan dan rempah-rempah,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden juga mengatakan bahwa Hong Kong, memiliki potensi sebagai entry point ekspor Indonesia ke Mainland China.

Di bidang Investasi, Presiden Jokowi mengundang para investor Hong Kong, sebagai salah satu sumber investasi terbesar Indonesia untuk dapat mendukung pembangunan IKN Nusantara sebagai Green City.

“Investor Hong Kong dapat turut mengembangkan infrastruktur, transportasi, green energy, transformasi digital dan value added industries,” kata Jokowi.

Terkait isu perlindungan WNI di Hong Kong, Presiden Jokowi sampaikan apresiasinya atas bantuan dan fasilitas kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hong Kong terutama selama pandemi COVID-19.

Sementara itu saat menyampaikan pengantarnya, Chief Executive Hong Kong, John Lee, mengucapkan selamat atas kesuksesan Indonesia dalam G20 yang mendapat sambutan baik dunia. Selain itu Hong Kong juga akan berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Indonesia.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home