Loading...
INDONESIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 07:34 WIB | Senin, 23 Juni 2014

Jokowi: Diplomasi adalah Jalan Atasi Konflik Antarnegara

Jokowi ingin melakukan diplomasi untuk mengatasi konflik antarnegara. (Foto: Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Calon presiden nomor urut dua (2), Joko Widodo menyatakan bahwa diplomasi antar-negara merupakan jalan keluar yang ditempuh untuk mengatasi konflik antarnegara apalagi mengenai konflik tapal batas.

“Kalau ada sebuah benturan dengan negara lain masalah tapal batas, tentu saja yang akan kita kedepankan terlebih dahulu adalah diplomasi pemerintah dengan pemerintah,” kata dia dalam Debat Capres 2014 bertema “Ketahanan Nasional dan Politik Internasional” di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/6).

“Tetapi kalau yang dipermasalahkan ini tidak selesai maka masih bisa kita carikan jalan keluar lagi tanpa melalui perang. Selalu saya sampaikan bahwa diplomasi antara pemerintah dengan pemerintah inilah yang saya kedepankan. Kalau mentok-mentoknya tidak bisa diselesaikan ya dibawa ke Mahkamah Internasional. Sehingga apa yang menjadi kepentingan ketahanan nasional kita tidak terganggu karena benturan dengan negara lain.”

Dia yakin apabila Indonesia mengirimkan diplomat-diplomat yang baik untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada pasti akan ada solusinya.

“Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya,” tambahnya.

Debat Capres kali ini diikuti oleh kedua kandidat capres yaitu Prabowo Subianto dan Joko Widodo.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home