Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 15:42 WIB | Rabu, 26 Agustus 2015

Jokowi: Indonesia dan Timor Leste Saudara Dekat

Suasana pertemuan Presiden Jokowi bersama jajaran menteri Kabinet Kerja dengan Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste, Rui Maria de Araujo, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (26/8). (Foto: Martahan Lumban Gaol)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Joko Widodo mengatakan hubungan Republik Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste bukan hanya sekadar teman atau tetangga, melainkan sebagai saudara yang sangat dekat.

“Indonesia dan Timor Leste bukan hanya sekadar teman atau tetangga, tapi kita adalah saudara yang sangat dekat,” kata Presiden Jokowi dalam jumpa pers seusai pertemuan dengan Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste, Rui Maria de Araujo, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (26/8).

Karena itu, menurut Presiden Jokowi, hubungan antara Republik Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste adalah hubungan yang saling menghormati, saling pengertian, dan kedua belah pihak menginginkan ke depan hubungan semakin baik.

Presiden ketujuh Republik Indonesia itu pun menjelaskan ada dua permasalahan yang dibahas dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste, Rui Maria de Araujo, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (26/8), yakni perbatasan dan perekonomian.

Terkait perbatasan, menurut Presiden Jokowi, masih ada dua titik perbatasan yang belum selesai. Namun, dalam pertemuan yang telah berlangsung, Indonesia dan Timor Leste telah sepakat menyelesaikan pada akhir tahun 2015 ini.

Sementara itu, terkait masalah perekonomian, Jokowi mengatakan ia dan Perdana Menteri Araujo membahas mengenai perdagangan dan investasi. Indonesia akan terus berkomitmen untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur dan investasi di Timor Leste.

"Kami akan tingkatkan hubungan perdagangan yang saling menguntungkan. Kita dorong agar investasi perdagangan kita meningkat," ujar Jokowi.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home