Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:38 WIB | Jumat, 24 September 2021

Jokowi: Inklusivitas Prioritas Kepemimpinan Indonesia di G20

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pada Sidang Majelis Umum ke-76 PBB secara virtual di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, Kamis (23/9). (Foto: Kemenlu)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia berkomitmen untuk bekerja bagi kepentingan masyarakat global saat memegang kepemimpinan G20 pada tahun 2022 mendatang.

"Tahun 2022 Indonesia akan memegang keketuaan G20 dengan tema besar Recover Together, Recover Stronger," katanya dalam video yang ditampilkan pada Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) ke-76 di New York, Amerika Serikat, hari Kamis (23/9).

"Indonesia akan berupaya agar G20 bekerja untuk kepentingan semua, untuk negara maju dan berkembang, utara dan selatan, negara besar dan kecil, negara kecil di Pasifik, serta kelompok rentan yang harus diprioritaskan," kata dia. Indonesia akan secara resmi menjadi ketua G20 pada 1 Desember 2021 hingga November 2022.

Dikatakan bahwa inklusivitas adalah prioritas utama kepemimpinan Indonesia. "Ini komitmen Indonesia untuk membuktikan 'no one left behind',"katanya.

Prioritas lain adalah ekonomi hijau dan berkelanjutan. "Indonesia paham bahwa memiliki posisi strategis dalam isu perubahan iklim, untuk itu kami terus bekerja memenuhi komitmen kami. Pada 2020 Indonesia telah berhasil menurunkan kebakaran hutan 82 persen dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.

Laju deforestasi turun signifikan terendah dalam 20 tahun terakhir dan dalam tatanan global Indonesia ingin mengedepankan burden sharing menghadapi agenda bersama dunia yang sangat berat.

"Indonesia kembali menyampaikan harapan dan dukungan terhadap multilateralisme. Sudah mendesak bagi kita untuk mengawal multilateralisme yang efektif dengan kerja dan hasil yang konkret. Mari kita bekerja bersama untuk pulih bersama, dan pulih lebih kuat," kata dia. 

Ada kelompok "Troika" di dalam G20 yang terdiri dari negara yang tengah menjadi ketua G20, negara pendahulunya, dan negara yang akan menggantikan posisi ketua G20 tahun berjalan. Saat ini, "Troika" itu adalah Arab Saudi, Italia, dan Indonesia. 

Berikut suasana sidang umum PBB etika Jokowi menyampaikan pidato:

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home