Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 08:17 WIB | Sabtu, 19 Desember 2020

Jokowi: Konektivitas untuk Memperkokoh Persatuan

Presiden Joko Widodo ketika membuka Muktamar IX PPP, hari Jumat (18/12). (Foto: Setneg.)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo mengatakan mengatakan konektivitas berbentuk luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring) dapat mempererat hubungan antarumat, menyebarkan kesejukan dan kedamaian, dan menumbuhkan toleransi dalam perbedaan dan kebhinnekaan.

“Dengan konektivitas luring dan daring yang makin efektif, kita bisa meningkatkan komunikasi antarumat yang tersebar di seluruh Indonesia, di seluruh Tanah Air, untuk menyebarkan Islam Wasathiyah, menyebarkan kesejukan dan kedamaian, menumbuhkan toleransi dalam perbedaan dan kebhinnekaan, dan memperkokoh persatuan dalam keberagaman,” kata Jokowi.

Presiden mengatakan itu dalam Muktamar IX Partai Persatuan Pembangunan (PPP) secara virtual, yang disaksikan di Jakarta, hari Jumat (18/12). Selama enam tahun terakhir, pemerintah terus membangun konektivitas digital, selain konektivitas fisik penghubung antardaerah seperti jalan tol, jalur kereta api, jalur penerbangan dan tol laut, tambahnya.

Tujuannya untuk membangun konektivitas budaya, konektivitas gagasan, dan semangat, sebagai sebuah bangsa besar sehingga infrastruktur dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Dengan konektivitas fisik dan digital itu, masyarakat Indonesia bisa berbagi pengalaman dalam membangun daerah. Terdapat 514 kabupaten/kota, 34 provinsi, dan 75.000 desa di seluruh Tanah Air yang dapat berbagi inspirasi untuk mengembangkan inovasi pembangunan di daerahnya masing-masing.

“Dan kita bisa mengakselerasi kualitas SDM di seluruh pelosok nusantara untuk menghadapi dunia yang sekarang ini penuh dengan perubahan, persaingan, hiper-kompetisi, antarnegara, antarperusahaan, antarindividu yang betul-betul harus kita ikuti hari per hari,” ujar Kepala Negara.

Muktamar PPP kali ini digelar dengan sistem zonasi di beberapa wilayah di Indonesia pada 18-21 Desember 2020. Presiden Jokowi membuka Muktamar PPP secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home