Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 16:42 WIB | Jumat, 04 Februari 2022

Jokowi Kunjungi Kampung Jeruk di Kabupaten Karo

Jokowi Kunjungi Kampung Jeruk di Kabupaten Karo
Presiden Joko Widodo meninjau Kampung Jeruk, Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, pada hari Jumat, 4 Februari 2022. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Jokowi Kunjungi Kampung Jeruk di Kabupaten Karo
Presiden Joko Widodo ketika menerima enam perwakilan warga Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 6 Desember 2021. (Foto: dok. BPMI Setpres)

KABUPATEN KARO, SATUHARAPAN.COM-Ingat ketika Presiden Joko Widodo mendapat hadiah tiga ton jeruk dari warga sebuah desa di Kabupaten Karo, Sumatera Utara sambil menyampaikan informasi tentang kondisi infrastruktur jalan di sana?

Jokowi mengatakan segera diperbaiki dan akan berkunjung ke sana. Dan hari Jumat (4/2) ini dia penuhi janji itu.  Lagu “Indonesia Raya” pun menggema di sepanjang jalan saat Jokowi menuju Kampung Jeruk, Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Warga masyarakat yang berada di kiri dan kanan jalan tampak sangat antusias menyambut kedatangan Kepala Negara dan menyanyikan lagu kebangsaan di sepanjang jalan dari helipad sampai ke lokasi acara.

Sejumlah anak sekolah juga tampak melambaikan bendera merah putih kecil di tangannya saat rombongan Jokowi melintas di hadapan mereka. Jokowi datang ke Kampung Jeruk untuk meninjau langsung perbaikan infrastruktur jalan yang rusak dan melihat potensi pertanian jeruk di daerah tersebut.

Pada Senin, 6 Desember 2021 lalu, Jokowi menerima enam perwakilan warga Liang Melas Datas di Istana Merdeka, Jakarta. Selain menyampaikan aspirasi, para perwakilan warga tersebut juga membawa satu truk berisi buah jeruk sebanyak tiga ton sebagai “oleh-oleh” bagi Presiden Jokowi.

Kabupaten Karo sendiri diketahui merupakan salah satu sentra produksi komoditas jeruk. Selain dipasarkan di dalam negeri ke berbagai kota seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan beberapa kota lainnya, jeruk dari Kabupaten Karo juga telah merambah pasar luar negeri yakni Malaysia dan Singapura.

Saat melihat hasil produksi jeruk di Kabupaten Karo, Presiden Jokowi sempat menelepon Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Presiden mendorong dua hal, yakni pendampingan bagi para petani dan pupuk.

“Saya dari Toba mampir sini untuk melihat jalan. Saya melihat hasil produksi di Karo ini mungkin butuh pendampingan kecil untuk menaikkan kualitas produksi, yang pertama. Kemudian yang kedua urusan pupuk ini lebih bagus kalau di sini organik,” kata Jokowi kepada Menteri Pertanian.

Presiden memandang, kawasan pertanian jeruk di Kabupaten Karo memiliki potensi yang sangat besar. Namun, masih perlu perbaikan-perbaikan di sejumlah hal mulai dari struktur biaya hingga pengemasan.

 

“Memang perlu perbaikan-perbaikan, pertama untuk memperbaiki struktur biaya, kedua untuk memperbaiki kualitas, kemudian yang ketiga buat kemasan dan branding yang lebih baik. Saya kira kalau tiga itu dikerjakan ini jeruknya akan bagus sekali,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home