Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 09:40 WIB | Rabu, 01 Juni 2022

Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende, NTT

Presiden Joko Widodo. (Foto: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo dijadwalkan memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada hari Rabu (1/6).

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, membenarkan rencana tersebut, seperti dikutip harian Kompas, Selasa (31/5).

Kepala Sekretariat Presiden menuturkan, selain memimpin upacara, presiden juga dijadwalkan berkunjung ke pasar, ke hutan bambu dan mengunjungi Kabupaten Ngada di hari yang sama.

Kemudian pada Kamis (2/5/22) Kepala Negara dijadwalkan mengunjungi Kecamatan Waingapu yang berada di Kabupaten Sumba Timur, NTT.

Di hari yang sama, Presiden dijadwalkan melihat proses panen serta penanaman shorgum.

Hari Lahir Pancasila kini diperingati tiap tanggal 1 Juni. Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai hari Lahir Pancasila, sekaligus hari Libur Nasional.

Peringatan hari Lahir Pancasila ditetapkan berdasarkan peristiwa sejarah dicetuskannya Pancasila pada 1 Juni 1945 oleh Presiden pertama RI, Soekarno, dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Pada peringatan hari Lahir Pancasila 2022, pemerintah Indonesia menyelenggarakan upacara di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, NTT, secara daring dan luring.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home