Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 12:56 WIB | Jumat, 02 September 2016

Jokowi Resmi Ajukan Budi Gunawan Calon Kepala BIN

Komisaris Jenderal Budi Gunawan. (Foto: Dok.satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno hari ini (2/9)  datangi DPR untuk mengantrkan surat usulan pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Jadi, Kepala BIN diusulkan nama baru, itu Pak Budi Gunawan (BG) dan proses selanjutnya di DPR karena harus ada pertimbangan dari DPR," kata Pratikno di Kompleks Palemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Jumat.

Presiden Jokowi mengusulkan Komisaris Jenderal Budi Gunawan yang sekarang menjabat Wakil Kepala Polri untuk memimpin BIN menggantikan Sutiyoso, sebab alasannya regenerasi.

“Ini regenerasi biasa aja. Argumentasinya regenerasi aja,” kata dia.

Sementara itu, Ketua DPR RI Ade Komarudin mengatakan bahwa pimpinan DPR akan menentukan jadwal rapat untuk pembahasan itu dan melimpahkannya ke komisi terkait untuk melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan.

“Sekarang juga setelah Pak Mensesneg kembali kita akan langsung Rapat Pimpinan (Rapim ) untuk menentukan jadwal untuk tindak lanjuti surat ini. Rencananya kami akan menindaklanjuti pekan depan tapi tentu nanti kita akan rapat dulu dengan fraksi-fraksi pada hari Senin kita akan tentukan pada saat rapat pimpinan fraksi menugaskan kelengkapan mana untuk tindaklanjuti,” kata dia.

“Sesuai mitranya, tentu Komisi I akan kami tugaskan”.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home