Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 21:04 WIB | Jumat, 22 April 2016

Jokowi Temui PM Belanda Bahas Berbagai Kerja Sama

Presiden Joko Widodo melaksanakan pembicaraan empat mata dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Catshuis, kediaman resmi PM Belanda di Kota Den Haag, hari Jumat (22/4). (Foto: Biro Pers Istana Presiden)

DEN HAAG, SATUHARAPAN.COM – Presiden Joko Widodo melaksanakan pembicaraan empat mata dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antara delegasi Republik Indonesia dan delegasi Kerajaan Belanda. Pertemuan dilaksanakan di Catshuis, kediaman resmi PM Belanda di Kota Den Haag, hari Jumat (22/4).

Demikian disampaikan Tim Komunikasi Presiden dalam keterangan tertulis yang diterima satuharapan.com, di Jakarta, hari Jumat (22/4).

Tiba di Catshuis, Presiden langsung disambut oleh PM Rutte saat turun dari kendaraan. Kemudian berfoto bersama. Keduanya nampak berjalan memasuki kediaman PM Rutte sambil bercakap santai.

Kepada PM Rutte, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang hangat.

"Saya sangat bahagia karena dapat membalas kunjungan PM Rutte pada tahun 2013. Ini adalah kunjungan Presiden Indonesia dalam 16 tahun terakhir", kata Jokowi.

Presiden menyampaikan bahwa sulit untuk memilih prioritas kerja sama saat berbicara mengenai hubungan Indonesia dan Belanda. Hal ini dikarenakan hubungan RI dan Belanda sangat intensif hampir di semua sektor. "Namun, pada kesempatan ini, saya ingin memfokuskan pada tiga prioritas pengelolaan air, maritim, serta perdagangan dan investasi.

Kerja Sama Pengelolaan Air

Dalam pertemuan ini, Presiden menyatakan kegembiraan dengan telah berlangsungnya proyek-proyek infrastruktur, terutama yang terkait dengan water supply dan sanitasi, water for food dan ekosistem, water givernance, dan water safety. Indonesia, menurut Presiden, tengah menghadapi tantangan untuk menanggulangi banjir, mengatasi abrasi pantai, dan ketersediaan air bersih.

Presiden berharap kerjasama pengelolaan air dapat difokuskan untuk mengatasi tiga tantangan tersebut, terutama dalam bidang transfer keahlian dan teknologi.

"Saya apresiasi pembaruan MoU kerja sama air pada tahun 2015 untuk lima tahun ke depan", ujar Presiden.

Presiden juga mengapresiasi kerjasama Belanda dalam Jakarta Coastal Development Strategy (JCDS). Apresiasi juga untuk kerjasama proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang sedang berlangsung saat ini. "Termasuk dukungan Belanda dalam penyusunan Master Plan NCICD", ucap Presiden.

Kerja Sama Maritim

Di bidang maritim, Presiden mengapresiasi minat Belanda untuk mendukung Indonesia mewujudkan visi poros maritim. Visi tersebut diwujudkan dengan pengembangan maritime cluster, baik perikanan, pembangunan kapal laut, infrastruktur, dan sumber daya laut. Selain itu juga peningkatan kapasitas SDM melalui program vocational training bagi pelajar dan mahasiswa sekolah maritim di Indonesia. Hal lain yang tak kalah penting adalah pengembangan peta jangka panjang pembangunan maritim Indonesia.

"Saya undang perusahaan-perusahaan bidang maritim di Belanda untuk terlibat dalam pembangunan deep seaports di wilayah Indonesia Timur", kata Presiden. Partisipasi perusahaan-perusahaan Belanda dalam proyek-proyek infrastruktur maritim di Indonesia seperti pembangunan deep seaport Kuala Tanjung dan Pelabuhan Tanjung Priok, sangat dihargai oleh Indonesia.

Perdagangan dan Investasi

Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi menyatakan bahw Belanda merupakan salah satu mitra utama Indonesia untuk perdagangan dan investasi di Eropa. Namun, nilai perdagangan bilateral menunjukkan penurunan. Pada tahun 2014, nilai perdagangan mencapai USD 4,89 miliar, sementara 2015 nilai perdangangan sebesar USD 4,22 miliar.

Untuk investasi Belanda ke Indonesia, juga tercatat penurunan. Tahun 2015 sebesar USD 1,31 milyar sedangkan di tahun 2014 USD 1,73 milyar. Menanggapi hal tersebut, Presiden menyampaikan bahwa untuk menunjang ekonomi Indonesia yang tebuka dan kompetitif, pemerintah telah luncurkan 11 paket deregulasi dan economic reform, layanan cepat pemberian izin investasi di kawasan industri dalam waktu 3 jam, layanan cepat One Stop Service di BKPM dan pembaruan Daftar Negatif Investasi.

"Saya undang Belanda untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek infrastruktur maritim di Indonesia, yaitu Deep seaport Sorong dan Deep seaport Makassar", ucap Presiden

Di akhir pertemuan bilateral ini, Presiden dan PM Rutte menyaksikan penandatangan MoU. Indonesia diwakili oleh Menlu RI. Adapun MoU yang ditandatangani antara lain MoU di bidang pendidikan tinggi dan ilmu pengetahuan serta MoU di bidang kerjasama maritim.

Mendampingi Presiden dalam pertemuan ini Menteri Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala BKPM Franky Sibarani, dan Duta Besar RI untuk Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home