Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:23 WIB | Rabu, 26 Mei 2021

Jutaan Dievakuasi, Topan Yaas Akan Mendarat di Pantai India Timur

Jutaan Dievakuasi, Topan Yaas Akan Mendarat di Pantai India Timur
Anggota Pasukan Tanggap Bencana Nasional (NDRF) menggunakan megafon untuk mengimbau penduduk agar pindah ke tempat yang lebih aman menjelang Topan Yaas di distrik Purba Medinipur di negara bagian timur Bengal Barat, India, pada hari Selasa (25/5). (Foto-foto:Reuters )
Jutaan Dievakuasi, Topan Yaas Akan Mendarat di Pantai India Timur
Seorang nelayan mengikat kapalnya di pantai menjelang Topan Yaas di distrik Purba Medinipur di negara bagian timur Benggala Barat, India.

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang di pantai timur India mulai memindahkan lebih dari satu juta orang ke tempat aman pada hari Selasa (25/5) ketika Topan Yaas yang "kuat" mendekat, beberapa hari setelah topan mematikan menghantam pantai barat.

Departemen Meteorologi India (IMD) mengatakan Topan Yaas sedang melanda Teluk Benggala dan akan menghantam negara bagian timur Odisha dan Benggala Barat, dan juga Bangladesh, pada hari Rabu (26/5).

"Kemungkinan akan menyebabkan kerusakan skala besar," kata kepala IMD, Mrutyunjay Mohapatra, kepada Reuters melalui telepon.

Pejabat mulai memindahkan orang dengan mobil dan perahu dari daerah pesisir dataran rendah ke tempat penampungan di gedung-gedung pemerintah, sekolah, dan bangunan kokoh lainnya. Perempuan hamil dan anak-anak dikirim ke rumah sakit pemerintah, karena nelayan memindahkan perahu ke pedalaman yang aman.

Di distrik Balasore Odisha, dekat tempat topan diperkirakan akan mendarat, sukarelawan menyiarkan peringatan melalui megafon, mendesak orang-orang untuk pindah.

“Evakuasi selalu menjadi tantangan. Secara umum, ada keengganan... kali ini kami terjangkit COVID-19,” kata Vishal Kumar Dev, pejabat yang mengawasi upaya bantuan di Balasore.

“Seringkali orang berkata 'kita akan pergi hanya ketika hujan meningkat'. Kami meyakinkan mereka. "

Topan di Teluk Benggala sering terjadi pada sepanjang tahun ini, dan sering menderu ke darat, menyebabkan kematian dan kehancuran di daerah pesisir India dan Bangladesh.

Pekan lalu, Topan Tauktae, topan paling kuat yang menghantam wilayah barat India dalam lebih dari dua decade, menewaskan lebih dari 150 orang.

Gelombang kedua COVID-19 menambah kesulitan untuk bersiap menghadapi badai. Pejabat di Odisha mengatakan mereka sedang melakukan tes antigen, dan pemeriksaan suhu, dan mengisolasi orang dengan gejala COVID-19. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home