Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 12:21 WIB | Sabtu, 09 April 2022

K-12 Computer Science Education Fair 2022 Membangun Generasi Cakap Digital Berkarakter

Ketua BPK PENABUR Jakarta, Ir. Antono Yuwono (kanan), Ketua PENABUR Kids Fest (PKF), Tities Sandrariasti (tengah), dan Haripin Eko Prima, Co-Founder Coding Bee Academy (kiri) saat memberikan keterangan resmi kepada media di Jakarta, hari Sabtu (9/4/2022). (Foto: Melki Pangaribuan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Dunia pendidikan mengalami perubahan yang cepat dan hal ini membuat BPK PENABUR Jakarta melakukan berbagai upaya strategis untuk menyiapkan generasi penerus.

Ketua BPK PENABUR Jakarta, Ir. Antono Yuwono, mengatakan era disrupsi, di mana perubahan terjadi begitu cepat, membuat penguasaan soft skills sejak dini bagi peserta didik menjadi penting, tak kalah dengan hard skills. 

Menurutnya, peserta didik perlu memiliki keterampilan 4C yakni Critical Thinking (berpikir kritis dan analitis), Creative and Innovative (kreatif dan inovatif), Communicative (komunikatif), dan Collaborative (kolaboratif), serta kemampuan menguasai teknologi informasi dan komputer (Computational Thinking)

“BPK PENABUR Jakarta mengembangkan karakter positif anak melalui program Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani (PKBN2K) untuk menjadi fondasi kuat dalam menghadapi tantangan pada era digital, sehingga selain komitmen dalam memberikan standar pendidikan mumpuni global," kata Antono dalam keterangan resmi kepada media di Jakarta, hari Sabtu (9/4/2022).

"BPK PENABUR Jakarta juga berupaya melahirkan generasi penerus yang tangguh sekaligus beriman," kata Antono menambahkan.

Badan Pendidikan Kristen (BPK) PENABUR Jakarta bekerja sama dengan Coding Bee Academy menyelenggarakan “K-12 Computer Science Education Fair 2022” pada 7-9 April 2022 sebagai ajang tahunan yang terbuka untuk umum. 

Tahun ini acara diikuti oleh empat ribuan peserta yang berasal dari 30 kota di 11 provinsi Indonesia antara lain DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Maluku, dan Sulawesi Selatan. Berbagai pihak turut berperan serta seperti peserta didik (mulai jenjang TK, SD, SMP, dan SMA), pendidik, mahasiswa, maupun masyarakat umum.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen BPK PENABUR Jakarta dalam membangun Generasi Emas Indonesia yang memiliki keunggulan dan jiwa kompetitif untuk menghadapi persaingan global, khususnya pada era industri 4.0. 

“K-12 Computer Science Education Fair 2022” diselenggarakan untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya ilmu pengetahuan digital dan teknologi komputer. Hal ini tentunya dilakukan tanpa mengabaikan pentingnya pendidikan karakter.

Ada dua acara yang diselenggarakan dalam “K-12 Computer Science Education Fair 2022”, yaitu "PENABUR Kids Fest" diikuti oleh 477 peserta dan 1.327 peserta yang berpartisipasi dalam "Code Olympiad”. 

Adapun lomba-lomba yang diadakan pada kegiatan ini, yaitu lomba “Digital Literacy” untuk jenjang PAUD, lomba “21st Century Learning” untuk jenjang PAUD, lomba video pembelajaran “Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 pada Anak Usia Dini” bagi guru, mahasiswa, serta praktisi pendidikan, dan lomba Coding atau Code Olympiad dengan tema “Digital Citizenship” untuk jenjang TK sampai SMA.

Selain itu, pada hari Sabtu, 9 April 2022, dilangsungkan webinar nasional “Empowering Future Generation With Digital Skills”, yang menghadirkan sejumlah pembicara di antaranya Dr Hurip Danu Ismadi, MPd, Widyaprada Ahli Utama Kemendikbud Ristek, Febryanthie Apituley, Education Officer UNICEF, Pat Yongpradit, Chief Academic Officer Code.org, Ir Antono Yuwono, Ketua BPK PENABUR Jakarta dan Haripin Eko Prima, M.Eng., Co-Founder Coding Bee Academy

Sejumlah 2.205 peserta mendaftarkan diri untuk mengikuti webinar yang berasal dari 18 provinsi di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Batam, Riau, Lampung, Bengkulu, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, NTT, NTB, dan Papua. 

Pendidikan Karakter sebagai Fondasi

Ketua PENABUR Kids Fest (PKF), Tities Sandrariasti, mengatakan BPK PENABUR Jakarta membangun generasi cakap digital yang mulai dari usia dini. 

"Guru menampilkan metode-metode pembelajaran atraktif, kreatif, menggunakan teknologi, sekaligus alat-alat peraga, itu semua sudah masuk ke dalam keseharian guru mengajar di sekolah," kata Tities kepada satuharapan.com dalam keterangan pers, hari Sabtu (9/4/2022). 

TKK 6 PENABUR yang berlokasi di Jakarta Utara telah mengenalkan Digital Citizenship melalui ekstrakurikuler coding bekerja sama dengan Coding Bee Academy. 

Dewi Sofa Tjoeng, Kepala Sekolah TKK 6 PENABUR, mengatakan peserta didik BPK PENABUR pada usia PAUD memperlihatkan keberhasilan mengembangkan kemampuan ilmu komputer serta berpikir komputasional.

"Pada pembelajaran tersebut, anak memahami peraturan mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan atau disebarkan saat menggunakan teknologi, seperti misalnya informasi pribadi yang berkaitan dengan alamat rumah atau password pada akun email anak yang diberikan sekolah," katanya.

Sementara itu Haripin Eko Prima, Co-Founder Coding Bee Academy, berharap melalui kegiatan ‘K-12 Computer Science Education Fair 2022’ dapat menginspirasi anak-anak Indonesia untuk tidak hanya menjadi konsumen teknologi tetapi juga menjadi pencipta teknologi. 

"Begitu juga dengan masyarakat agar memiliki kesadaran akan pentingnya membangun literasi digital dan pendidikan coding," ucap Haripin Eko Prima, Co-Founder Coding Bee Academy.

Sementara itu, Katherine Tanzil, orang tua peserta didik dari TKK PENABUR Gading Serpong berpendapat bahwa BPK PENABUR Jakarta tidak hanya memberikan pembelajaran coding di sekolah untuk meningkatkan kemampuan teknologi dan ilmu komputer pada anak, tetapi juga menanamkan karakter baik yang unggul.

“Saat ini kehidupan kita tidak terlepas dari teknologi. Melalui pembelajaran coding di sekolah dalam bentuk games dapat membantu anak belajar dengan menyenangkan, serta membuat anak mampu berpikir kreatif dan kritis dalam mengatasi masalah. Selain itu, alasan saya menyekolahkan anak di BPK PENABUR Jakarta karena adanya penanaman Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kristiani (PKBN2K),” ungkap  Katherine Tanzil.

Sebanyak 22 TKK PENABUR Jakarta yang dikelola BPK PENABUR Jakarta dan berlokasi di Jabodetabek, memiliki ekstrakurikuler coding. 

Beberapa di antaranya adalah TKK 1 PENABUR yang berlokasi di Jakarta Pusat, TKK 3 PENABUR di Jakarta Timur, TKK 9 PENABUR di Jakarta Selatan, TKK 10 PENABUR di Jakarta Utara, TKK 11 PENABUR di Jakarta Barat, TKK PENABUR Bintaro Jaya di Tangerang, TKK PENABUR Summarecon Bekasi di Bekasi, TKK PENABUR Kota Jababeka di Cikarang, TKK PENABUR Kota Wisata di Bogor, dan TKK PENABUR Depok di Depok.

Saksikan “K-12 Computer Science Education Fair 2022” melalui YouTube Channel BPK PENABUR Jakarta https://www.youtube.com/user/HumasPENABURJakarta 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home