Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:25 WIB | Senin, 18 April 2016

Kabupaten Lingga Siap Adopsi Teknologi LIPI

Bupati Lingga Alias Wello (tengah) saat kunjungan kerjanya ke Cibinong Science Center LIPI Jakarta Jumat (8/4),(Foto: lipi.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Bupati Lingga, Alias Wello menyatakan, Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau, siap mengadopsi teknologi hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk menjadikan daerah tersebut sebagai pusat pertanian organik. “Kami ingin Lingga mempunyai laboratorium pupuk organik hayati (POH) termasuk laboratorium starter untuk pembuatan pupuk tersebut,” kata Alias Wello yang akrab disapa Awe ini, pada saat kunjungan kerjanya ke Cibinong Science Center LIPI, Jumat (8/4), seperti yang dikutip lipi.go.id.

Awe berharap, LIPI memberikan perhatian yang serius untuk membantu mengembangkan kegiatan pertanian, peternakan, perikanan dan sektor lainnya di Lingga. “Kami akan terlebih dahulu memetakan potensi-potensi yang ada, setelah itu LIPI dapat membantu dalam menyinkronkan teknologi apa yang dapat dipakai di Kabupaten Lingga,” katanya.

Pada saat yang sama, peneliti LIPI Sarjiya Antonius berpendapat, bahwa LIPI memiliki komitmen untuk membantu mendorong peningkatan kesejahteran dan ekonomi rakyat melalui penerapan hasil penelitian. “LIPI akan membantu daerah tidak setengah-tengah, LIPI akan membantu melalui pola pendampingan hingga daerah tersebut sudah dianggap mandiri,” katanya.

Lebih lanjut Awe berharap, agar LIPI dapat melakukan diseminasi iptek di Kabupaten Lingga. “Tujuannya untuk  pengayaan dan peningkatan pengetahuan para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan penyuluh-penyuluh di Kabupaten Lingga,” katanya.  

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home