Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 16:36 WIB | Selasa, 07 September 2021

Kacang Kenari Atau Walnut Camilan Sehat dan Umur Panjang

Kacang walnut atau kenari. (Foto: dok. Ist)

SATUHARAPAN.COM-Kacang kenari (walnut) bisa menjadi camilan sehat yang menjadi kunci untuk umur panjang.

Sebuah studi baru oleh tim peneliti di Universitas Harvard menemukan hubungan antara makan lebih banyak kenari (walnut) dan harapan hidup lebih lama ditambah risiko kematian yang lebih rendah pada orang dewasa.

"Apa yang kami pelajari dari penelitian ini adalah bahwa beberapa genggam kenari sepekan dapat membantu meningkatkan umur panjang, terutama di antara mereka yang kualitas makanannya tidak bagus. Ini adalah tip praktis untuk orang yang ingin meningkatkan kesehatan mereka," kata pemimpin peneliti, Yanping Lee, dari Harvard School of Public Health. Temuan itu muncul di jurnal Nutrients.

Para peneliti melaporkan bahwa makan lima porsi atau lebih kacang sepekan dapat memberikan peningkatan terbesar dalam harapan hidup, seperti dikutip The Jerusalem Post.

Ahli gizi mendefinisikan segenggam (sekitar 30 gram) kenari (walnut) sebagai satu porsi. Makan lima porsi atau lebih setiap pekan menunjukkan penurunan 14% dalam risiko kematian dari semua penyebab. Penulis penelitian juga menemukan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular 25% lebih rendah, dan peningkatan harapan hidup 1,3 tahun dibandingkan dengan orang yang tidak pernah makan kenari.

Sementara itu, mengonsumsi dua hingga empat porsi kacang dalam sepekan juga cukup bermanfaat.

Studi ini menemukan bahwa itu berkontribusi pada risiko kematian 13% lebih rendah dari penyebab apa pun, risiko kematian akibat penyakit jantung 4% lebih rendah dan peningkatan dalam satu tahun kehidupan.

Bahkan jika sisa diet memiliki ruang untuk perbaikan, penulis penelitian berpendapat bahwa makan setengah porsi kenari sehari dapat mengurangi risiko kematian dari penyebab apa pun sebesar 12% dan risiko penyakit jantung sebesar 26%.

Puluhan  Ribu Orang

Untuk sampai pada temuan ini, tim peneliti menganalisis data dari 67.014 perempuan dengan usia rata-rata 63,3 tahun yang awalnya direkrut untuk studi kesehatan perawat. Sementara itu, penulis penelitian juga menganalisis data pada 26.326 pria yang lebih tua dari studi lanjutan lainnya dari profesional kesehatan lainnya. Kedua kelompok juga menyelesaikan survei mengenai konsumsi kacang mereka.

Semua peserta sehat ketika pengamatan dimulai, dengan peneliti menguji diet mereka setiap empat tahun selama sekitar dua puluh tahun. Dengan semua informasi yang dikumpulkan, para peneliti dapat menghubungkan konsumsi kacang dengan harapan hidup.

Para peneliti mencatat bahwa temuan ini pada akhirnya bersifat observasional, sehingga mereka tidak dapat secara pasti menentukan apakah kenari secara langsung bertanggung jawab atas harapan hidup yang lebih lama.

Meskipun demikian, penelitian masih mengklaim bahwa makan kenari membantu meningkatkan harapan hidup yang lebih lama dan gaya hidup yang lebih sehat. Kebanyakan orang yang melaporkan makan banyak kenari (walnut) memiliki pola makan yang lebih sehat secara keseluruhan, sering berolahraga, mengonsumsi multivitamin dan minum alkohol hanya sesekali.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home