Loading...
SAINS
Penulis: Kartika Virgianti 12:27 WIB | Minggu, 23 Maret 2014

Kadisdik DKI: Manajemen Sekolah Baik, Tidak Ada Lagi Tawuran

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Lasro Marbun. (Foto: Kartika Virgianti)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Lasro Marbun mengatakan bahwa lelang jabatan kepala sekolah (kepsek) akan memperbaiki manajemen sekolah, dan jika manajemen sekolah sudah menjadi baik, dirinya yakin tawuran pelajar yang marak terjadi belakangan bisa berkurang.

“Saya orang yang percaya ada kekuatan lain yang mengatur kita, kalau sekolah sudah bagus, kepala sekolah dan guru-gurunya sudah bagus, lingkungannya bagus, semuanya bagus, kira-kira masih ada tidak yang mau berantem?” ujar Lasro di Balai Kota, Jumat (21/3).  

Dengan memperbaiki manajemen sekolah, Lasro berpendapat akan menjadi lebih terbuka dan bisa diawasi oleh semua pihak. Sebaliknya jika tidak ada sistem yang memaksa seseorang harus berlaku baik, tentunya kejadian tawuran itu akan terus berlanjut.

“Kalau kita lihat tidak ada sistem yang memaksa saya harus berlaku baik, ya sudah, saya jadi makin liar saja, makanya yang harus dibangun budaya pendidikan,” kata Lasro.

Lasro menilai jika dalam suatu sistem pendidikan, yang dibangun hanya saranya fisik berupa bangunan sekolah saja, tidak akan bisa mengubah apapun. Maka yang ssungguhnya duperlukan adalah perbaikan nonfisik, misalnya peduli terhadap keinginan anak didik, mendengar keluhannya, mengembangkan potensi bakatnya, dan lain sebagainya.

“Kita perbaiki manajemen sekolah mulai dari dinas pendidikan, suku dinas pendidikan, seksi pendidikan, sampai pengawasnya. Kalau itu semua sudah berdiri pada hati dan pikiran yang jernih, saya kira tidak ada lagi tawuran,” ucap Lasro.

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home