Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 16:19 WIB | Sabtu, 18 April 2020

Kakek 99 Tahun Galang Dana 21 Juta Poundsterling bagi Petugas Kesehatan

Tom Moore, 99 tahun, mantan pegawai negeri sekaligus veteran PD II, mengelilingi kebunnya 100 kali putaran untuk menggalang dana bagi pekerja kesehatan, dengan para prajurit dari Resimen Yorkshire berdiri di sisi jalan yang ia lalui di Bedfordshire, Inggris, pada 16 April 2020. (Foto: The Latest News)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Seorang veteran perang berusia 99 tahun berhasil menggalang dana sebesar lebih dari 21 juta poundsterling (1 poundsterling = Rp19.322) untuk Layanan Kesehatan Nasional (National Health Service/NHS) seusai melakukan aksi mengelilingi kebunnya sebanyak 100 putaran.

Tom Moore, mantan pegawai negeri sekaligus veteran Perang Dunia Kedua (PD II), memang berencana untuk mengelilingi kebunnya, yang terletak di Bedforshire, Inggris, sebanyak 100 putaran, menggunakan alat bantu sebelum ulang tahunnya yang ke-100 pada 30 April.

Moore menyelesaikan tantangan tersebut pada Kamis (16/4) pagi waktu setempat. Pada Sabtu (18/4) pagi, lebih dari 1 juta orang telah memberikan sumbangan di laman penggalangan dana miliknya.

Media setempat melaporkan bahwa Moore awalnya hanya berniat menggalang dana sebesar 1.000 poundsterling untuk program NHS Charities Together, sebagai ungkapan terima kasih kepada staf NHS yang membantu mengobati penyakit kanker dan patah tulang panggul yang dideritanya.

“Kami tidak pernah membayangkan dana sebesar itu dan sulit dipercaya bahwa orang-orang dapat bersikap begitu baik dan menyumbangkan uang itu kepada NHS,” katanya kepada BBC.

Mantan prajurit itu menerima beragam pesan berisi ucapan terima kasih dari para petugas NHS, atlet, dan politisi.

Pencapaiannya juga mendapat pengakuan dari Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock. Dalam konferensi pers yang digelar di Downing Street pada Rabu (15/4) malam waktu setempat, Hancock mengatakan bahwa Moore merupakan “inspirasi bagi semua orang”.

NHS Charities Together, organisasi dengan keanggotaan nasional untuk lebih dari 140 NHS Charities resmi di Inggris, Skotlandia, dan Wales, mengatakan pihaknya sangat terinspirasi dan tersanjung.

Hingga Sabtu pukul 01.10 GMT (08.10 WIB), jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 di Inggris mencapai 109.769 kasus, menurut Center for Systems Science and Engineering (CSSE) di Universitas Johns Hopkins. (Xinhua/Ant)

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home