Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 20:03 WIB | Minggu, 12 Oktober 2014

Kalah 0-1 dari Australia, Indonesia U-19 Angkat Koper

Timnas Indonesia U-19 menghadapi Uzbekistan U-19 di laga perdana Piala Asia U-19 2014, Jumat (10/10). (Foto: goal.com)

YANGON, SATUHARAPAN.COM – Tim nasional Indonesia di bawah usia 19 tahun (U-19) dipastikan “angkat koper” dari turnamen sepak bola Piala Asia U-19 setelah pada laga kedua yang digelar Minggu (12/10), tim besutan Indra Sjafri tersebut takluk dari Australia 1-0.

Sepuluh menit pertama diwarnai dengan tekanan demi tekanan yang dilancarkan anak-anak Indonesia U-19, kendati tak menghasilkan gol pembuka.

Peluang bagi skuat Socceroos muda baru tercipta ketika laga memasuki setengah jam. Pelakunya ialah Jaushua, ia hampir menjebol gawang yang dikawal Ravi Murdianto. Dalam situasi Jaushua yang berusaha mengejar bola, Ravi keluar dari jalanya untuk mengamankan bola sebelum jatuh di kaki pemain Australia itu.

Tekanan Socceroos muda berlanjut pada menit ke-35 ketika Brandon beraksi dari sisi kanan dan bola yang diayunnya bergulir cukup baik, tapi Ravi kembali sigap dalam membaca dan menghadang bola.

Dua menit berselang, giliran Ilham Udin menjajal peruntungan dengan berusaha melewati Gligor. Tapi kecepatan yang ia miliki belum mampu membuat Indonesia menorehkan hasil positif.

Australia kembali menguasai pertandingan memasuki menit ke-41. Brandon melihat ruang tembak dari luar box Garuda Muda. Sayang, sepakannya masih meleset dari sasaran.

Semenit sebelum laga paruh pertama berakhir, Jaushua kembali mendapatkan peluang emas. Setelah menerima umpan dari sisi kanan, dia mengontrol bola dengan baik dan mengecoh barisan belakang Indonesia sebelum melepas tembakan. Namun, usahanya itu masih sempat diblok.

Hingga turun minum laga masih menghasilkan “skor kaca mata”.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, tempo permainan dari kedua tim berlangsung lebih cepat. Indonesia mulai berani bermain menyerang dan sukses menciptakan beberapa peluang yang mengancam gawang Australia.

Pada menit ke-53, aksi individu Muchlis Hadi Ning mampu mengecoh barisan belakang Australia. Namun, sepakan Muchlis masih bisa dihentikan kiper Jordan Thurtell.

Dua menit kemudian, Indonesia kembali memberi ancaman ke gawang Australia. Kali ini, tendangan keras Evan Dimas dari posisi terbuka mengarah keras ke gawang Australia. Namun, kesigapan Thurtell mampu menggagalkan peluang emas Indonesia mencetak gol.

Australia yang terus mendapatkan tekanan, justru bisa memanfaatkan kelemahan barisan belakang Indonesia pada menit ke-66. Lewat sebuah serangan balik, Jaushua Sotirio bisa membobol gawang Indonesia. Tendangan mendatar Sotirio gagal diselamatkan kiper Ravi Murdianto. Australia memimpin 1-0 atas Indonesia.

Indonesia mencoba mencetak gol pada sisa laga. Akan tetapi, permainan Indonesia jauh dari memuaskan saat mencoba mencari celah mencetak gol balasan. Hasil akhir pun tetap 1-0 untuk kemenangan Australia.

Hasil ini sekaligus menutup peluang Indonesia U-19 untuk dapat berlaga di Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Selandia Baru tahun 2015.

Susunan Pemain (Indonesia U-19 vs Australia U-19)

Indonesia U-19: 1-Ravi Murdianto (GK); 2-Putu Gede, 5-Fatchu Rochman, 16-Hansamu Yama, 13-Muhammad Sahrul Kurniawan; 6-Evan Dimas (c), 17-Paulo Sitanggang (11-Hendra Sandi 90), 8-Muhammad Hargianto; 10-Muchlis Hadi Ning (21-Septian David 65), 20-Ilham Udin, 9-Dinan Javier (7-Dimas Drajad 46)

Pelatih: Indra Sjafri

Australia U-19: 1-Jordan Thurtell (GK), 2-Shayne D'Cunha, 4-Cameron Burgess, 15-Riley Paul, 5-Scott Galloway; 6-Christopher Gligor (C), 14-De Silva Daniel, 16-Brown Jordan, 21-Jaushua Sotirio; 7-Shandon Brady, 9-Brandon Borrelo

Pelatih: Paul Okon

Wasit: Abdulrahman Abdou (Qatar)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home