Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 00:19 WIB | Rabu, 30 November 2022

Kalah dalam Pemilu Lokal, Presiden Taiwan Mundur sebagai Ketua Partai

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, mengumumkan pengunduran dirinya sebagai ketua partai Partai Progresif Demokratik di Taipei, Taiwan, Sabtu, 26 November 2022. Pemilih di Taiwan secara mayoritas memilih partai oposisi Nasionalis dalam beberapa pemilihan besar di seluruh pulau berpemerintahan sendiri itu dalam pemilihan umum hari Sabtu di mana kekhawatiran yang tersisa tentang ancaman dari China mengambil kursi belakang untuk lebih banyak masalah lokal. (Foto: AP/Chiang Ying-ying)

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM-Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, mengundurkan diri sebagai ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa menyusul kekalahan pemilihan lokal pada hari Sabtu (26/11) di mana para pemilih memilih partai oposisi Nasionalis dalam beberapa pemilihan besar di pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Kekhawatiran tentang ancaman dari saingan China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya, mengambil kursi belakang untuk lebih banyak masalah lokal dalam pemilu.

Tsai telah berbicara berkali-kali tentang "menentang China dan membela Taiwan" dalam kampanye untuk partainya. Tetapi kandidat partai Chen Shih-chung, yang kalah dalam pertempuran untuk wali kota Taipei, hanya mengangkat masalah ancaman Partai Komunis China beberapa kali sebelum dia dengan cepat beralih kembali ke masalah lokal karena hanya ada sedikit minat.

Tsai mengajukan pengunduran dirinya pada Sabtu malam, sebuah tradisi setelah kekalahan besar, dalam pidato singkat di mana dia juga berterima kasih kepada para pendukungnya. “Saya harus memikul semua tanggung jawab,” katanya. “Menghadapi hasil seperti ini, ada banyak area yang harus kita tinjau secara mendalam.”

Sementara pengamat internasional dan partai yang berkuasa telah berusaha untuk menghubungkan pemilihan dengan ancaman eksistensial jangka panjang yang merupakan tetangga Taiwan, banyak pakar lokal tidak berpikir China memiliki peran besar untuk dimainkan kali ini.

“Masyarakat internasional telah menaikkan taruhannya terlalu tinggi. Mereka telah meningkatkan pemilihan lokal ke tingkat internasional ini, dan kelangsungan hidup Taiwan,” kata Yeh-lih Wang, seorang profesor ilmu politik di Universitas Nasional Taiwan.

Selama kampanye, hanya sedikit yang menyebutkan tentang latihan militer berskala besar yang menargetkan Taiwan yang diadakan China pada bulan Agustus sebagai reaksi atas kunjungan Ketua Kongres Amerika Serikat, Nancy Pelosi.

“Jadi saya pikir jika Anda bahkan tidak dapat mengangkat masalah ini di Taipei, Anda bahkan tidak perlu mempertimbangkannya di kota-kota di selatan,” kata Wang.

Kandidat dari partai Nasionalis memenangkan kursi wali kota di Taipei, ibu kota Taiwan, serta di kota Taoyuan, Taichung, dan New Taipei.

Orang Taiwan memilih wali kota, anggota dewan kota, dan pemimpin lokal lainnya di 13 kabupaten dan di sembilan kota. Ada juga referendum untuk menurunkan usia pemilih dari 20 menjadi 18 tahun, yang dikalahkan, menurut media setempat.

Chiang Wan-an, wali kota Taipei yang baru, mengumumkan kemenangan hari Sabtu malam dalam rapat umum besar. “Saya akan membiarkan dunia melihat kehebatan Taipei,” katanya.

Kao Hung-an, seorang kandidat di Partai Rakyat Taiwan yang relatif baru, memenangkan kursi wali kota di Hsinchu, rumah bagi banyak perusahaan semi-konduktor Taiwan.

Kampanye dengan tegas berfokus pada isu lokal: polusi udara di pusat kota Taichung, kemacetan lalu lintas di pusat teknologi Nangang Taipei, dan strategi pembelian vaksin COVID-19 di pulau itu, yang membuat pulau itu kekurangan pasokan selama wabah tahun lalu.

Kekalahan DPP yang berkuasa mungkin sebagian karena cara menangani pandemi. “Publik memiliki beberapa ketidakpuasan dengan DPP dalam hal ini, meskipun Taiwan relatif berhasil dalam pencegahan pandemi,” kata Weihao Huang, seorang profesor ilmu politik di National Sun Yat-sen University. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home