Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 05:44 WIB | Minggu, 11 Desember 2022

Kalah dari Maroko, Ronaldo Menangis Meninggalkan Lapangan

Cristiano Ronaldo dari Portugal meninggalkan lapangan pada akhir pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia antara Maroko dan Portugal, di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Sabtu, 10 Desember 2022. (Foto: AP/Luca Bruno)

DOHA, SATUHARAOPAN.COM-Tidak akan ada gelar Piala Dunia untuk Cristiano Ronaldo dalam penampilan terakhirnya di turnamen sepak bola terbesar itu.

Setelah berada di bangku cadangan pada awal dua pertandingan berturut-turut, Ronaldo tidak dapat membantu Portugal bangkit melawan Maroko, kalah 1-0 di perempat final pada hari Sabtu. Ronaldo yang berusia 37 tahun berjalan keluar lapangan sambil menangis.

Ronaldo masuk sebagai pemain pengganti di awal babak kedua dengan timnya sudah kalah satu goal. Dia menggantikan gelandang Rúben Neves pada menit ke-51 untuk penampilan internasionalnya yang ke-196, yang terbanyak sepanjang masa bersama penyerang Kuwait Badr Al-Mutawa.

Ronaldo, telah bermain di Piala Dunia untuk kelima kali, dan kemungkinan ini yang terakhir. Dan kali ini juga berada di bangku cadangan untuk memulai di babak 16 besar melawan Swiss, tampil sebagai pemain pengganti.

Maroko memimpin pada hari Sabtu dengan sundulan oleh Youssef En-Nesyri pada menit ke-42.

Ronaldo berada di antara pergantian pemain pertama yang dilakukan oleh pelatih Portugal, Fernando Santos dan, setelah menerima ban kapten dari bek Pepe, dia bergegas ke lapangan dan mulai menyemangati rekan satu timnya.

Seiring berjalannya waktu, dia juga mengangkat tangannya ke arah fans Portugal, yang kalah jumlah dengan supporter Maroko, dan meminta dukungan mereka.

Ronaldo turut meningkatkan intensitas serangan Portugal yang sempat kesulitan melewati pertahanan Maroko yang tertata rapi. Ia langsung menciptakan peluang dengan umpan silang ke area penalti, kemudian kehilangan penguasaan bola tak lama kemudian.

Dia juga mengatur tembakan oleh João Félix di menit ke-82, tetapi tembakan rekan setimnya berhasil diselamatkan. Tembakan terakhir Ronaldo di waktu tambahan juga berhasil diselamatkan.

Ronaldo berjalan keluar lapangan setelah peluit akhir dan mulai menangis saat dia memasuki terowongan ke ruang ganti.

Beberapa pemain Maroko pergi untuk menghiburnya, tetapi tidak ada rekan tim Portugal di sampingnya saat dia pergi. Sebagian besar tetap berada di lapangan dan pergi ke arah fans Portugal untuk berterima kasih atas dukungan mereka.

Santos menepuk punggung Ronaldo saat dia melewatinya di dekat pinggir lapangan.

Ronaldo mengatakan sebelum Piala Dunia bahwa dia tidak berencana untuk pensiun dari tim nasional Portugal setelah turnamen di Qatar, dan dia berencana untuk bermain setidaknya di Kejuaraan Eropa 2024.

Dia bertahan dengan delapan gol Piala Dunia, selisih satu dari rekor Eusébio bersama Portugal di turnamen tersebut.

Gonçalo Ramos, yang mencetak hattrick pada hari Selasa dalam kemenangan 6-1 Portugal atas Swiss di awal pertamanya untuk Portugal, kembali dipilih di depan Ronaldo.

Ronaldo dikeluarkan dari barisan ketika melawan Swiss setelah Santos mengungkapkan rasa frustrasinya tentang sikap kapten timnya di pertandingan sebelumnya.

Santos kemudian mengatakan Ronaldo "tidak senang" diberi tahu bahwa dia dicadangkan, tetapi tidak pernah mengancam akan meninggalkan Piala Dunia karena keputusan tersebut.

Ronaldo, pencetak gol terbanyak sepanjang masa di sepak bola internasional putra dengan 118 gol, akhirnya masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-74. Dia tampak agak terputus dari anggota skuad lainnya setelah pertandingan.

Ronaldo datang dengan penampilan loyo di babak penyisihan grup, meskipun ia mencetak gol dalam kemenangan 3-2 atas Ghana untuk menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam lima Piala Dunia. Dia telah bermain di setiap edisi turnamen sejak 2006.

Portugal berusaha mencapai empat besar untuk ketiga kalinya, finis ketiga pada 1966 dan keempat pada 2006. Tim ini belum pernah melewati babak 16 besar sejak turnamen di Jerman 16 tahun lalu itu.

Ronaldo disebut dengan nama besar, tapi penampilannya di Piala Dunia 2022 tidak mengangkat Portugal, dan ini mungkin akhir bagi dia karena piala dunia berikutnya 2026 dia sudah berusia 41 tahun. (dengan AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home