Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:46 WIB | Rabu, 23 Juni 2021

Kanada dan China Saling Tuding Pelanggaran HAM

Kanada dan China Saling Tuding Pelanggaran HAM
Zachary Orchard, dari Shoal Lake 40 First Nation di perbatasan Manitoba dan Ontario, mendengarkan selama upacara dan berjaga-jaga untuk 215 anak yang jenazahnya ditemukan terkubur di bekas Sekolah Perumahan Indian Kamloops, di Vancouver, British Columbia, di peringatan National Indigenous Peoples Day, hari Senin (21/6). (Foto: Darryl Dyck/The Canadian Press via AP)
Kanada dan China Saling Tuding Pelanggaran HAM
Puing menara masjid Xinqu yang rusak terletak di dekat bendera nasional China di dekat rumah ibadah di Changji di luar Urumqi, Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang, China, pada 6 Mei 2021. (Foto: dok. Reuters)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Kanada dan 40 negara lainnya pada hari Selasa (22/6) mendesak China untuk segera mengizinkan “akses bermakna dan tidak terbatas” sehingga pengamat independen dapat mengunjungi wilayah Xinjiang. Namun sebaliknya seorang utusan China menuntut agar otoritas Kanada “menghentikan pelanggaran hak asasi manusia” di dalam negeri.

Saling tuding itumuncul dalam perdebatan di Dewan Hak Asasi Manusia, badan hak asasi manusia tertinggi  di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Pertikaian di sebagian besar sesi dewan secara virtual ini mengungkap keretakan yang sedang berlangsung antara Barat dan sekutu dengan China, yang semakin melawan kritik terhadap catatan hak asasi manusianya.

Utusan  China, Jiang Duan, menentang penganiayaan masa lalu Kanada terhadap masyarakat adat dan penemuan baru-baru ini dari sisa-sisa lebih dari 200 anak-anak di sebuah sekolah asrama adat di Kanada. Dia menyerukan “penyelidikan menyeluruh dan tidak memihak” terhadap kasus-kasus kejahatan terhadap masyarakat adat dan rasisme dan xenofobia yang salah di Kanada.

“Kami mendesak Kanada untuk segera menghentikan pelanggaran hak asasi manusia,” katanya, seraya menambahkan bahwa badan-badan PBB harus “terus mengikuti masalah hak asasi manusia di Kanada.”

“Kanada juga berulang kali menggunakan hak asasi manusia sebagai instrumen untuk mempromosikan agenda politiknya,” kata Jiang.

Kanada menyampaikan pernyataan dari 41 negara, sebagian besar negara Barat, yang menyuarakan keprihatinan luas di antara kelompok-kelompok hak asasi manusia tentang pusat-pusat penahanan di Xinjiang, di mana ratusan ribu Muslim Uyghur dan minoritas lainnya ditahan.

“Kami mendesak China untuk mengizinkan akses segera, bermakna, dan tanpa batas ke Xinjiang bagi pengamat independen, termasuk Komisaris Tinggi,” kata duta besar Kanada, Leslie Norton, merujuk pada Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Michelle Bachelet.

Kantor Bachelet telah berusaha sejak awal masa jabatannya pada tahun 2018 untuk mengatur kunjungan ke Xinjiang dan dia mengatakan pada hari Senin (21/6) bahwa dia berharap untuk melakukannya pada akhir tahun.

Norton mengutip “laporan yang dapat dipercaya” bahwa lebih dari satu juta orang ditahan secara sewenang-wenang di Xinjiang. Beberapa menghadapi penyiksaan dan perlakuan “tidak manusiawi”. Dan bahwa orang Uyghur dan lainnya menghadapi pengawasan dan pembatasan yang tidak proporsional terhadap budaya mereka.

China bersikeras bahwa pusat-pusat itu digunakan untuk pelatihan dan untuk membantu memerangi terorisme di Xinjiang.

Pernyataan dari Norton juga menyerukan diakhirinya “penahanan sewenang-wenang terhadap Uyghur dan anggota minoritas Muslim lainnya,” dan juga menyatakan keprihatinan tentang hak asasi manusia di Hong Kong dan Tibet.

Pernyataan China tentang Kanada itu mengatasnamakan beberapa negara lain, antara lain Rusia, Belarusia, Korea Utara, Iran, dan Suriah.

“Kami mengakui bahwa Kanada secara historis menyangkal hak-hak masyarakat adat melalui kebijakan dan praktik asimilasi,” kata Norton. “Kami tahu bahwa dunia mengharapkan Kanada untuk mematuhi standar hak asasi manusia internasional. Kami juga berharap tidak kurang dari diri kami sendiri.”

Kanada mengadakan perayaan Hari Masyarakat Adat Nasional pada hari Senin (21/6). (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home