Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:18 WIB | Kamis, 24 November 2016

Kanada Mulai Operasikan Pembangkit Listrik Tenaga Ombak

Ilustrasi: Energi tenaga ombak di Gibraltar sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan. (Foto: inhabitat.com)

MONTREAL, SATUHARAPAN.COM - Turbin pembangkit tenaga ombak pertama sudah mulai menyuplai listrik untuk setara 500 rumah di pesisir timur Kanada, seperti dikemukakan perancangnya pada Selasa (22/11), seperti dikutip dari AFP.

Itu untuk pertama kalinya ombak besar di Teluk Fundy, yang terletak di antara Provinsi Nova Scotia dan New Brunswick, dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik.

“Ini adalah momen membanggakan dan bersejarah untuk keunggulan Nova Scotia dalam pengembangan sumber daya energi baru dan terbarukan secara bertanggung jawab,” kata Menteri Energi Nova Scotia, Michel Samson.

“Saat kami menghubungkan tenaga ombak dengan jaringan listrik Kanada, kami mengantarkan sebuah era baru dalam energi laut terbarukan, dan mengambil langkah maju yang belum pernah ada untuk menurunkan karbon di masa depan," kata dia.

Didesain dan dibuat oleh OpenHydro, cabang dari perusahaan pembuat kapal Prancis, turbin tersebut diturunkan sebelumnya ke dasar teluk pada bulan ini.

Teluk Fundy terkenal dengan ombaknya yang kuat yang tingginya biasanya melebihi 20 meter.

Sumber Energi Gelombang Laut

Electric Power Research Institute (EPRI), dikutip dari boem.gov, menyebutkan kekuatan gelombang bervariasi di berbagai belahan dunia. Wilayah di dunia yang memiliki sumber daya tenaga ombak berlimpah termasuk di antaranya pantai barat Skotlandia, Kanada bagian utara, selatan Afrika, Australia, dan pantai barat laut Amerika Serikat, terutama Alaska.

Potensi sumber daya angin, biasanya dihitung dalam gigawatt (GW), sedangkan gelombang dan potensi sumber daya pasang surut biasanya diberikan dalam terawatt-jam/tahun (TWh/tahun). Electric Power Research Institute (EPRI) telah menyelesaikan analisis terbaru dari potensi sumber daya energi gelombang AS, yang sudah tersedia. EPRI memperkirakan sumber daya energi gelombang laut di Benua Amerika saja mencapai  2.640 TWh/tahun. Sungguh merupakan potensi besar, sedangkan sebenarnya hanya diperlukan energi sebesar 1 TWh/tahun untuk memasok listrik sekitar 93.850 rumah di setiap tahun.

EPRI memperkirakan, total sumber daya yang digunakan di  AS adalah 1.170 TWh/tahun, hampir sepertiga dari 4.000 TWh listrik yang digunakan di Amerika Serikat setiap tahun.

Sumber daya energi gelombang untuk masing-masing daerah diperkirakan sebagai berikut: Pantai Barat 250 TWh/tahun, Pantai Timur 160 TWh/tahun, Teluk Meksiko 60 TWh/tahun, Alaska 620 TWh/tahun, Hawaii 80 TWh/tahun, Puerto Riko 20 TWh/tahun.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home