Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 21:30 WIB | Jumat, 26 Agustus 2016

Kapal Penyelamat Imigran Diserang Kelompok Bersenjata di Mediterania

Ilustrasi. Para imigran dan pengungsi berbaris untuk memasuki bis saat akan dievakusai ke kamp sementara pada 17 Agustus 2016 di Paris utara. (Foto: AFP/Joel Saget)

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Kapal milik Medecins Sans Frontieres (MSF) yang terlibat dalam operasi penyelamatan imigran di Laut Mediterania ditembaki kelompok bersenjata pada pekan lalu, menurut keterangan lembaga bantuan medis tersebut, Kamis (25/8).

Tidak ada korban cedera dalam insiden pada 17 Agustus tersebut meski demikian kelompok tersebut sempat menaiki kapal MSF, kata organisasi itu.

Kapal Bourbon Argos diserang oleh kelompok bersenjata yang datang menggunakan speedboat saat kapal MSF melakukan operasi penyelamatan sekitar 44 kilometer di utara pesisir Libya.

Para pelaku menembaki Bourbon Argos saat mereka berada dalam radius beberapa ratus meter dan mereka kemudian menaiki kapal bantuan tersebut.

Para awak kapal bersembunyi di tempat aman sementara para pelaku menyisir kapal selama sekitar 50 menit sebelum kabur tanpa mencuri apa pun.

“Meski kami tidak mengetahui identitas para penyerang maupun motif mereka, penyelidikan yang kami lakukan mengungkapkan mereka sudah profesional dan terlatih,” ujar koordinator operasi MSF Stefano Argenziano.

“Ini merupakan serangan serius dan mengkhawatirkan. Penembakan terhadap kapal kami membahayakan keselamatan para awak,” imbuhnya. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home