Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 20:18 WIB | Senin, 11 November 2019

Kapal Selam AS yang Hilang 75 Tahun Lalu Ditemukan

USS Grayback yang berdasarkan penelusuran sejarah ditenggelamkan pesawat pengebom Jepang pada 28 Februari 1944 di lepas pantai Jepang selatan, perairan barat daya Okinawa, ditemukan Tim The Lost 52 Project. (Foto: Washington Post/Tim Taylor/The Lost 52 Project)

JEPANG, SATUHARAPAN.COM – Tim eksplorasi Amerika Serikat (AS) menemukan sebuah kapal selam AS yang hilang 75 tahun lalu, di lepas pantai Jepang selatan. Pada bulan Juni, tim The Lost 52 Project menemukan USS Grayback di kedalaman 435 meter di perairan barat daya Okinawa.

Tim itu, seperti dilaporkan nhk.or.jp, mensurvei area berdasarkan estimasi yang dibuat peneliti laut Yutaka Iwasaki, yang masuk dalam tim.

USS Grayback, yang menjalankan misinya pada 28 Januari 1944, pada Perang Dunia II, hilang kontak saat berada di perairan dekat Jepang. Sebuah video dari Tim The Lost 52 Project  menunjukkan lempengan besi dengan nama kapal itu beserta bagian lambung dan baling-balingnya.

Tim itu mengatakan ekspedisi dan penelitian Iwasaki menemukan bahwa kapal selam itu ditenggelamkan oleh pesawat pengebom Jepang pada 28 Februari 1944. Kapal selam itu membawa 80 awak kapal.

USS Grayback dikenal sebagai penenggelam kapal-kapal Jepang selama perang, termasuk Konan-maru. Saat itu Konan-maru mengangkut sekitar 600 orang yang kebanyakan warga sipil.

Tim The Lost 52 Project yang dipimpin Tim Taylor, seperti diberitakan Washington Post, sebelumnya menemukan USS R-12 yang tenggelam di Key West, Florida, pada tahun 1943.

Taylor, penjelajah laut dan pemimpin perusahaan wahana penjelajah laut dalam, bersama istrinya, penjelajah Christine Dennison, kemudian tergerak untuk merancang ekspedisi dan menggalang dana untuk mencari USS Grayback yang hilang di tengah menjalankan misinya di masa Perang Dunia II. 

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home