Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 09:41 WIB | Kamis, 30 Desember 2021

Kapolri Lantik Tujuh Kapolda Baru

Pelantikan Kapolda oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Jakarta, Rabu (29/12). (Foto: Humas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melantik tujuh Kapolda baru dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) yang dilakukan di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, hari Rabu (29/12).

Pelantikan itu didasarkan pada rotasi internal Korps Bhayangkara melalui surat telegram nomor ST/2568/XII/KEP./2021 tanggal 17 Desember 2021, yang ditandatangani oleh AS SDM Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri.

Pejabat yang dilantik ialah Kapolda Nusa Tenggara Barat, Muhammad Iqbal, yang dipindah sebagai Kapolda Riau. Posisi Iqbal akan digantikan oleh Irjen Djoko Purwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

Mantan Kapolda Riau, Irjen Agung Setya dirotasi Kapolri untuk menjadi Asisten bidang Operasi (Asops) yang bertugas di Mabes Polri menggantikan Irjen Imam Sugianto. Sementara, Imam kini ditugaskan sebagai Kapolda Kalimantan Timur. Imam diketahui merupakan mantan ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2012.

Pelantikan juga dilakukan terhadap Kapolda Bengkulu Irjen Agung Wicaksono. Ia menggantikan Irjen Guntur Setyanto yang dimutasi sebagai Pati Bareskrim Polri dalam rangka pensiun.

Kemudian, Kapolda Maluku yang kini dijabat oleh Irjen Lotharia Latif. Sebelumnya, Lotharia merupakan Kapolda Nusa tenggara Timur yang kini akan dijabat oleh Irjen Setyo Budiyanto.

Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Remigius Sigit Trihardjanto yang diangkat sebagai Kepala Divisi Hukum Polri. Posisinya akan diisi oleh Irjen Suryanbodo Asmoro.

Kenaikan Pangkat

Selain itu, ada 19 perwira kepolisian yang naik pangkat satu tingkat lebih tinggi dalam serangkaian rotasi penugasan Korps Bhayangkara tersebut.

Salah satunya, Kapolri juga memberikan kenaikan pangkat bagi pengemban tugas jabatan Direktur di Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri yang sebelumnya dijabat oleh Komisaris Besar (Kombes) menjadi Brigjen.

Beberapa Direktur yang kini berpangkat Brigjen ialah Kombes Herry Heryawan yang dikukuhkan sebagai Direktur Penyidikan Densus 88 Antiteror Polri.

Kombes Zet Ringu yang dikukuhkan sebagai Direktur Intel Densus 88 dan Kombes Soeseno Noerhandoko yang dikukuhkan sebagai Direktur Penindakan Densus 88. Ketiganya akan mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi.

Kombes Arif Makhfudiharto yang sebelumnya menjabat Kasatgaswil Jawa Barat Densus 88 Antiteror Polri diangkat menjadi Diridensos Densus 88. Kemudian, Kasatgaswil DKI Jakarta Kombes Tubagus Ami Prindani dimutasi menjabat sebagai PS Direktur Pencegahan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home