Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 08:34 WIB | Kamis, 06 Mei 2021

Kapolri Minta Polisi Berperan sebagai Problem Solving

Kapolri meluncurkan aplikasi Binmas Online System (BOS) untuk memperkuat pelayanan ke masyarakat.
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo ketika meresmikan aplikasi Binmas Online System (BOS) di Jakarta, Rabu (5/5). (Foto: Humas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Polisi Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtimmas), diminta berperan sebagai problem solving dalam bertugas di tengah-tengah masyarakat, termasuk dengan melakukan pendampingan hukum, danmeluruskan berita-berita hoaks.

“Pada saat situasi pandemi ini, polisi yang paling pinter, ya Bhabinkamtibmas. Mereka bisa menjadi guru, bisa menjadi ustad, teman curhat dan sebagainya (bagi warga masyarakat),” kata Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo ketika melaunching aplikasi Binmas Online System (BOS) di Gedung PTIK Polri, Jakarta Selatan, hari Rabu (5/5).

Aplikasi ini merupakan komitmen dan pemantapan program pemolisian yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan) dari Kapolri.

Aplikasi BOS itu sendiri berada di bawah jajaran Korps Bina Masyarakat (Korbinmas) Baharkam Polri. Program tersebut bisa dimanfaatkan oleh internal Polri maupun eksternal atau masyarakat umum. “Melalui aplikasi ini bhabinkamtibmas bisa membantu informasi awal kepada masyarakat dalam mendapatkan info dan sharing,” kata Sigit

Manfaat yang diharapkan dari aplikasi BOS di internal adalah untuk membuat laporan terkait dengan kegiatan-kegiatan Bhabinkamtibmas yang merupakan garda terdepan kepolisian di masyarakat. “Sehingga seluruh informasi yang ada ini bisa dilaporkan ke pusat dan kemudian disatukan dalam satu sistem Big Data,” kata Sigit.

Aplikasi BOS ini juga memperkuat pemolisian Presisi yang bisa memanfaatkan sebagai Artificial Intelligence, sehingga bisa mencegah atau mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). “Tentu kami harapkan bisa semakin mendukung upaya melaksanakan program pemolisian yang prediktif,” kata Kapolri.

Dengan aplikasi tersebut, Polri dapat melakukan integrasi dengan kementerian dan lembaga negara lainnya, sehingga terciptanya pelayanan yang berintegrasi. “Tentu ini akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan, tanpa perlu repot-repot hadir ke kantor polisi. Walaupun kami perintahkan ke seluruh anggota untuk tetap turun ke masyarakat dan berikan pelayanan terbaik,” kata Sigit.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home