Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 11:30 WIB | Selasa, 03 Agustus 2021

Karsten Warholm, Pecahkan Rekor Lari Gawang 400 Meter

“Low-46” telah menjadi persaingan di antara para atlet kelas dunia, dan sekarang penanda itu ada di angka 45.
Karsten Warholm, dari Norwegia merayakan kemenangannya atas medali emas di final lari gawang 400 meter putra di Olimpiade Musim Panas 2020, hari Selasa (3/8), di Tokyo, Jepang. (Foto: AP/Charlie Riedel)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Karsten Warholm dari Norwegia memperbarui rekor dunianya sendiri dalam lari gawang 400 meter Olimpiade pada hari Selasa (3/8), dengan finis pada 45,94 detik untuk memecahkan rekor lama dengan lebih cepat 0,76.

Ini adalah salah satu cabang yang paling dinanti di program ini lebih dari sekadar hype. Tempat kedua finisher Rai Benjamin dari Amerika Serikat selesai di 46,17, juga lebih baik dari rekor 46,7 yang ditetapkan Warholm bulan lalu.

Warholm merobek kausnya ketika dia melewati garis terlebih dahulu. Dia menunjukkan ekspresi takjub yang sama seperti ketika dia mengumumkan dirinya di panggung dunia dengan kemenangannya di kejuaraan dunia pada tahun 2017.

Alison dos Santos dari Brasil finis ketiga dengan 46,72, saat enam dari delapan pelari memecahkan rekor dunia, benua, atau nasional.

Secara keseluruhan, itu adalah lomba lari yang lebih dari memenuhi harapan pada sore yang gerah di Stadion Olimpiade yang sebagian besar kosong. Luar biasa tapi tidak terduga.

Sensaswi untuk pertarungan ini mulai terbangun di uji coba Olimpiade Amerika Serikat pada bulan Juni, ketika Benjamin menjadi orang keempat yang mematahkan 47 detik dengan lari 46,83 dan mengatakan dia pikir dia memiliki kemampuan untuk mencapai lebih rendah dari 46 bagi dirinya.

Warholm merespon beberapa pekan kemudian dengan mencapai 46,70, dan memecahkan rekor dunia berusia 29 tahun yang dipegang oleh pemain Amerika Kevin Young sejak Olimpiade Barcelona.

Mulai di Lane 6, Warholm memimpin, dan pada titik tengah, dia telah melesat jauh di depan Benjamin sehingga lomba sebenarnya tampaknya adalah antara Warholm melawan waktu.

Meliputi jarak antara rintangan 13 langkah kuat sekaligus, Warholm tidak pernah nyaris mematahkan langkahnya. Dia melaju melewati garis dengan tangan mengayun, tapi itu tidak memakan banyak energi. “Low-46” telah menjadi impian lama bagi sebagian besar pelari ini. Sekarang, tandanya ada di 45-an.

Rekor Warholm datang 24 jam sebelum atlet Amerika, Sydney McLaughlin dan Dalilah Muhammad dijadwalkan untuk bertanding di 400 gawang putri, perlombaan di mana mereka memecahkan rekor dunia tiga kali terakhir yang mereka hadapi dalam kompetisi besar. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home