Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:26 WIB | Kamis, 19 November 2015

Kartu E-Natura Bisa Dibelanjakan di Warung Kelontong

Kepala Bidang Pengendalian dan Informatika BPBD DKI Jakarta, Bambang Surya Putra. (Foto: beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Terhitung mulai tahun ini, ‎Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyalurkan bantuan terhadap korban banjir, maupun bencana dengan uang elektronik bernama E-Natura.

Kepala Bidang Pengendalian dan Informatika Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Bambang Surya Putra mengatakan, pemberian bantuan dengan kartu E-Natura kepada korban banjir dan bencana lainnya untuk menghindari penyimpangan dalam pemberian bantuan.

"Bantuan uang elektronik seperti ini pernah kita uji coba saat kebakaran di Pasar Senen, pada Mei lalu," kata Bambang, Selasa (17/11).

‎Menurut Bambang, dengan menggunakan kartu E-Natura, korban bencana tidak bisa membelanjakan bantuan di sembarang tempat. Namun di warung-warung kelontong yang memiliki fasilitas Electronic Data Capture (EDC) kartu ini dapat digunakan.

"Kita melibatkan warung-warung di sekitar lokasi bencana. Warung-warung itu dipilih para lurah dan camat setempat," kata Bambang.

Bambang melanjutkan, di warung-warung itu nanti‎nya akan menyediakan barang kebutuhan pokok bagi para korban bencana mulai dari makanan, tabung gas, pakaian dan peralatan kebersihan. Produk yang dijual di masing-masing warung ditentukan sesuai kebutuhan korban bencana di lapangan.

"Rokok tentu tidak boleh dibeli dengan E-Natura. Barang yang dijual di setiap warung berbeda," kata Bambang.

Bambang menambahkan, ‎saat ini BPBD DKI tengah memetakan wilayah-wilayah rawan banjir di ibukota. Termasuk mempersiapkan pendistribusian logistik bersama Dinas Sosial melalui E-Natura yang berisi uang elektronik dengan nominal Rp 700- Rp 900.000 per Kepala Keluarga (KK). (beritajakarta.go.id)

Editor : Bayu Probo


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home