Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 21:20 WIB | Senin, 19 Juli 2021

Kartunis Denmark, Pembuat Kartun Nabi Muhammad, Meninggal Dunia

Kartunis Denmark, Kurt Westergaard, berpose untuk foto pada September 2006. (Foto: dok. Reuters)

KOPENHAGEN, SATUHARAPAN.COM-Kartunis Denmark di balik gambar kontroversial Nabi Muhammad pada tahun 2006 telah meninggal. Kurt Westergaard, meninggal pada usia 86 tahun           setelah lama sakit, menurut laporan harian Denmark, Berlingske, dikutip Al Arabiya.

Kartun satir Westergaard tahun 2006 tentang Nabi Muhammad yang diterbitkan di surat kabar Jyllands-Posten tempat dia bekerja sejak 1980-an memicu protes di seluruh dunia Muslim.

Beberapa negara Timur Tengah memboikot produk Denmark setelah kartun itu diterbitkan, yang merupakan pukulan bagi perekonomian negara tersebut.

Sementara itu, beberapa komentator di Barat termasuk kolumnis Christopher Hitchens membela kartun itu sebagai ekspresi kebebasan berbicara.

Westergaard menjalani sisa hidupnya disertai dengan penjagaan keamanan dan beberapa upaya pembunuhan dilakukan pada hidupnya.

Pada tahun 2010 ketika Westergaard berusia 75 tahun, seorang pria berusia 28 tahun dari latar belakang Somalia masuk ke rumahnya dan mencoba menyerangnya dengan kapak sebelum ditangkap oleh polisi.

Seorang pria berusia 29 tahun ditangkap karena membuat ancaman bom terhadap kartunis pada tahun 2013.

Baru-baru ini, kartunnya menimbulkan kontroversi ketika guru bahasa Prancis, Samuel Paty, dipenggal di jalan setelah menunjukkan gambar itu kepada murid-muridnya.

Beberapa negara Muslim keberatan dengan penayangan kartun di sekolah Prancis, juga mengecam serangan teror dan upaya untuk menghubungkan teror dengan Islam.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home