Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:54 WIB | Sabtu, 15 Januari 2022

Kasus Baru COVID-19 di Indonesia Meningkat dalam Dua Pekan

Seorang pria menerima suntikan vaksin Pfizer COVID-19 dalam vaksinasi dosis ketiga di Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang Selatan, hari Rabu (12/1). (Foto: AP/Tatan Syuflana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Kasus COVID-19 di Indonesia cenderung meningkat dalam dua pekan terakhir. Mengantisipasi melonjaknya gelombang kasus varian Omicron itu, pemerintah menggencarkan program vaksinasi COVID-19 primer termasuk program booster. 

Ini termasuk melakukan kemitraan dengan platform telemedicine serta rumah sakit rujukan untuk meningkatkan aksesibilitas kasus positif dengan pelayanan kesehatan yang berkualitas, seperti jasa konsultasi medis dan pengiriman obat gratis bagi pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan angkah ini ditempuh menyusul kenaikan kasus positif Covid-19 dalam dua pekan terakhir di dunia secara signifikan. Bahkan kenaikan kasus harian mencapai 2,7 juta kasus pada 7 Januari 2022. Angka ini lebih tinggi dari rekor kenaikan kasus pada lonjakan sebelumnya yaitu satu juta kasus dalam sehari.

Kenaikan kasus positif juga terjadi di negara-negara tetangga Indonesia termasuk Jepang, Vietnam, Thailand, dan Singapura. Saat ini, kata Wiku, kasus positif di Indonesia telah meningkat selama dua pekan berturut-turut, yaitu dari 1.200 kasus menjadi 1.400 kasus dan pada pekan terakhir hampir mencapai 3.000 kasus, atau naik lebih dari dua kali lipat dari pekan sebelumnya.

Kenaikan kasus positif harian bahkan sempat melebihi 800 kasus dalam sehari pada 11 Januari lalu. Sementara pada 12 Januari, terdapat penambahan 600 kasus positif. Padahal sebelumnya penambahan kasus sudah berhasil ditekan pada kisaran 100-200 kasus positif/hari. Dan hari Jumat (14/1) kasu baru naik menjadi 850 dalam sehari.

Sementara itu, kasus aktif juga mengalami kenaikan konsisten dalam sepekan terakhir hingga per 12 Januari mencapai hampir mencapai 7.000 kasus, setelah sebelumnya berhasil ditekan pada kisaran 4.000 kasus.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home