Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 11:13 WIB | Senin, 02 Januari 2023

Kata-kata Terakhir Benediktus XVI: “Tuhan, aku mencintaiMu”

Paus Emeritus Benediktus XVI akan dimakamkan pada hari Kamis (5/1).
Kata-kata Terakhir Benediktus XVI: “Tuhan, aku mencintaiMu”
Foto yang dirilis pada Minggu, 1 Januari 2023, oleh layanan berita Media Vatikan, mendiang Paus Emeritus Benediktus XVI disemayamkan di kapel biara 'Mater Ecclesiae'. (Foto: Vatican Media via AP)
Kata-kata Terakhir Benediktus XVI: “Tuhan, aku mencintaiMu”
Paus Fransiskus menghadiri Misa St. Maria pada awal tahun baru, di Basilika Santo Petrus di Vatikan, Minggu, 1 Januari 2023. (Foto: AP/Andrew Medichini)

VATICAN CITY, SATUHARAPAN.COM - Kata-kata terakhir Paus Emeritus Benediktus XVI adalah "Tuhan, aku mencintaimu," kata sekretaris lamanya, hari Minggu (1/1), mengutip seorang perawat yang membantu merawat mantan paus berusia 95 tahun itu pada jam-jam terakhir hidupnya.

Uskup Agung Georg Gaenswein, seorang prelatus Jerman yang tinggal di biara Vatikan tempat Benediktus tinggal setelah pensiun tahun 2013, mengatakan bahwa perawat tersebut menceritakan mendengar Benediktus mengucapkan kata-kata itu sekitar pukul 03:00 pagi hari Sabtu (31/12). Pensiunan paus meninggal pagi itu juga.

“Benediktus XVI, dengan suara lemah tetapi dengan cara yang sangat berbeda, berkata dalam bahasa Italia, 'Tuhan, aku mencintaimu,'” Gaenswein mengatakan kepada media resmi Vatikan, menambahkan bahwa itu terjadi ketika para pembantu Benediktus sedang berganti giliran.

“Saya tidak ada di sana pada saat itu, tetapi perawat itu menceritakannya beberapa saat kemudian,” kata uskup agung itu. "Itu adalah kata-kata terakhirnya yang bisa dipahami, karena setelah itu, dia tidak bisa lagi mengekspresikan dirinya."

Gaenswein tidak mengidentifikasi perawat pria yang membagikan informasi tersebut.

Sebelumnya, Vatikan mengatakan bahwa Paus Fransiskus pergi untuk memberikan penghormatan segera setelah Gaenswein menelepon untuk memberi tahu dia tentang kematian Benediktus tidak lama setelah pukul )9:30 pagi, di sebuah hotel yang terletak di seberang Taman Vatikan.

Selama pidato Hari Tahun Baru pada hari Minggu, Fransiskus berdoa untuk perjalanan pendahulunya ke surga dan menyatakan terima kasih atas pelayanan seumur hidup Benediktus kepada gereja.

Fransiskus berhenti sejenak dari membaca homilinya pada Misa pagi di Basilika Santo Petrus untuk berdoa dengan suara keras bagi Benediktus. “Hari ini kami mempercayakan kepada Bunda Maria tercinta Paus Emeritus Benediktus XVI, agar ia dapat menemaninya dalam perjalanannya dari dunia ini menuju Tuhan,” katanya.

Basilika diatur untuk menjadi tuan rumah peti mati Benediktus selama tiga hari penayangan yang dimulai hari Senin (2/1).

Prefek Roma Bruno Frattasi, seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri, mengatakan kepada TV pemerintah Italia bahwa "tidak kurang dari 25.000, 30.000" pelayat diperkirakan melewati peti mati pada hari Senin.

Pada hari Minggu, jenazah Benediktus dibaringkan di usungan jenazah berwarna merah anggur di kapel biara tempat dia tinggal selama hampir satu dekade masa pensiunnya. Dia mengenakan mitra, tutup kepala uskup, dan jubah merah.

Rosario diletakkan di tangannya. Di belakangnya, terlihat dalam foto yang dirilis oleh Vatikan, terdapat altar kapel dan pohon Natal yang dihias.

Fransiskus mengenang Benediktus lagi pada hari Minggu malam ketika berbicara kepada ribuan orang di Lapangan Santo Petrus. Dia mengatakan kepada orang banyak bahwa “pada jam-jam ini, kami memohon perantaraannya, khususnya untuk Paus Emeritus Benediktus XVI, yang, kemarin pagi, meninggalkan dunia ini.”

“Mari kita bersatu bersama-sama, dengan satu hati dan satu jiwa, dalam mengucap syukur kepada Tuhan atas karunia hamba Injil dan gereja yang setia ini,” kata Fransiskus, berbicara dari jendela Istana Apostolik kepada para peziarah dan turis. di bawah.

Alun-alun itu akan menjadi tempat pemakaman Benediktus yang dipimpin oleh Fransiskus pada Kamis (5/1) pagi. Ibadah itu akan sederhana, kata Vatikan, sesuai dengan keinginan Benediktus. Sebelum dia terpilih sebagai paus pada tahun 2005, Benediktus adalah seorang kardinal Jerman yang melayani sebagai penjaga ortodoksi doktrinal Gereja.

Dalam beberapa tahun terakhir, Francis memuji keputusan menakjubkan Benediktus untuk menjadi paus pertama yang mengundurkan diri dalam 600 tahun dan telah menjelaskan bahwa dia akan mempertimbangkan langkah seperti itu sebagai pilihan untuk dirinya sendiri.

Tertatih-tatih karena sakit lutut, Fransiskus, 86 tahun, pada hari Minggu tiba di basilika dengan kursi roda dan mengambil tempat di kursi untuk Misa, yang dirayakan oleh sekretaris negara Vatikan.

Fransiskus, yang berulang kali mencela perang di Ukraina dan kehancurannya, mengenang mereka yang menjadi korban perang, melewati liburan akhir tahun dalam kegelapan, dingin, dan ketakutan. “Di awal tahun ini, kita membutuhkan harapan, sama seperti Bumi membutuhkan hujan,” kata Fransiskus dalam homilinya.

Saat berbicara kepada umat beriman di Lapangan Santo Petrus, paus mengutip perang yang “tak tertahankan” di Ukraina, yang dimulai lebih dari 10 bulan lalu, dan konflik di tempat lain di dunia. Namun, kata Fransiskus, “janganlah kita kehilangan harapan” bahwa perdamaian akan terwujud. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home