Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 14:44 WIB | Selasa, 02 Agustus 2016

Kebakaran Hutan Masih Berkobar di California

Hampir 3.000 petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di Santa Clarita, sekitar 60 kilometer utara Los Angeles pada 25 Juli, sejak kebakaran mulai melanda 22 Juli. (voaindonesia.com/AP/Matt Hartman)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM - Ribuan pemadam kebakaran terus berusaha memadamkan kebakaran besar yang terjadi di California pada Senin (1/8) akibat kekeringan panjang.

Sedikitnya satu orang tewas dalam kebakaran yang memaksa ribuan orang meninggalkan rumah mereka.

Sejak 22 Juli, seperti diberitakan AFP dan dikutip Antara, California terancam oleh kabakaran seperti yang terjadi di Soberanes yang menghanguskan lahan seluas 16.437 hektare di bagian timur Big Sur, salah satu tempat wisata paling populer di wilayah itu yang terkenal dengan tebing tajamnya.

Pihak berwenang telah mengirim hampir 5.300 orang untuk memadamkan kebakaran hutan, yang sejauh ini baru 18 persen dapat diatasi, menurut data dari badan pemerintah, CalFire.

Kebakaran telah menghancurkan 57 rumah, dan mengancam 2.000 bangunan lain yang mendorong pihak berwenang untuk mengevakuasi ribuan warga.

Seorang pengemudi buldoser pekan lalu tewas saat ambil bagian dalam upaya memadamkan kebakaran.

Kebakaran hutan lain sudah berlangsung sejak Sabtu di daerah Fresno. Kebakaran tersebut saat ini sudah menghanguskan 727,6 hektare dan baru lima persen diatasi. Kebakaran di wilayah itu, seperti diberitakan voaindonesia.com, merusak sekitar 400 rumah dan penghuninya dievakuasikan, tidak jauh dari Hutan Nasional Sierra.

Kombinasi alam yang terjal, bergunung, dan udara sangat panas serta kering, acap menghambat upaya untuk memadamkan api, yang mulai menyala pada 22 Juli di kota pesisir Carmel.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home