Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 23:39 WIB | Kamis, 28 September 2017

Kejuaraan Profesional Sketsa Cepat Digelar

Widarsono Bambang siap mempertahankan sabuk juara
Kejuaraan Profesional Sketsa Cepat Digelar
Ilustrasi poster Gesstok 2017 di Studio Kalahan Dusun Patukan, Ambarketawang Kec. Gamping - Sleman, 1-7 Oktober 2017. (Foto: AORSI)
Kejuaraan Profesional Sketsa Cepat Digelar
Babak penyisihan Kejuaraan Profesional Sketsa Cepat pertama kali tahun 2016 diselenggarakan di Studio Kalahan, Sabtu (1/10) tahun lalu. (Foto-foto: Moh. Jauhar al-Hakimi)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Merayakan ulang tahun pertamanya, Asosiasi Olahraga Sketsa Indonesia (AORSI) akan menggelar GESSTOK (Gebrakan Sketsa Satu Oktober) di Studio Kalahan Dusun Patukan, Ambarketawang Kec. Gamping - Sleman.

Event Gesstok 2017 meliputi performance art, pameran skesta, bazaar karya-merchandise, workshop, diskusi, serta Kejuaraan Profesional Sketsa Cepat (battle sketch) memperebutkan sabuk juara Sketsa Cepat dari Aorsi berikut perbaikan peringkat. Juara bertahan Sketsa Cepat Widarsono Bambang akan ditantang banyak sketser.

Battle Sketch - Kejuaraan Profesional Sketsa Cepat adalah seni rupa pertunjukan yang mengawinkan medium seni rupa dengan dunia olah raga. Dalam battle sketch medium seni sketsa lewat segala aspeknya dihadirkan dalam atmosfir kejuaraan olah raga tinju profesional lengkap dengan segala tata cara dan aturan pertandingannya.

Tahun ini memasuki tahun kedua perebutan gelar dan juara bertahan sketser Widarsono Bambang harus bertanding menghadapi para penantangnya memperebutkan gelar juara Sketsa Cepat 2017 dan sejumlah hadiah lainnya. Akan ada partai perbaikan peringkat, partai pilihan dan partai tambahan.

Kepada satuharapan.com Kamis (28/9), juara bertahan Widarsono Bambang menyatakan kesiapannya mempertahankan sabuk juara menghadapi penantang yang ada.

"Ketika sketsa menjadi gerakan, maka tetesan keringatmu akan menjadi ombak samudera. Sudah siap berkeringat menghadapi juara bertahan?." tantang Widarsono Bambang kepada seluruh penantangnya melalui satuharapan.com.

Pada Kejuaraan Profesional Sketsa Cepat 2016 diikuti 16 sketser yang bertanding secara maraton dalam beberapa babak hingga babak final yang mempertemukan dua finalis di partai puncak. Sebagaimana layaknya pertandingan tinju, babak final terbagi dalam 3 ronde. Ronde pertama tantangannya berupa obyek bergerak. Pada ronde kedua, kedua petarung sketsa diberikan kebebasan merespon lingkungan sekitar ring dan juga Studio Kalahan dalam karya sketsa mereka. Sementara pada ronde ketiga berupa tantangan sketsa model yang ada di atas ring.

Sementara pameran sketsa dengan tema "Sketsa Berkeringat" akan diikuti oleh para sketser anggota AORSI serta para  simpatisan yang diundang secara terbuka.  Selain membuat undangan terbuka kepada calon peserta, AORSI akan memamerkan  secara khusus karya-karya sketsa lama koleksi ISI Yogyakarta, SMSR Yogyakarta, Sanggar Bambu dan beberapa koleksi perorangan sebagai referensi publik akan sepenggal sejarah sketsa Indonesia. Juga akan dibuat diskusi yang akan menghadirkan beberapa pembicara, workshop sketsa untuk umum oleh siswa SMSR Yogyakarta dan bazaar seni.

Kejuaraan Profesional Sketsa Cepat akan berlangsung pada Minggu (1/10) sore hingga selesai dilanjutkan dengan pembukaan pameran sketsa yang akan berlangsung 1-7 Oktober di Studio Kalahan Dusun Patukan, Ambarketawang Kec. Gamping - Sleman. Selama pameran berlangsung digelar juga bazaar karya-merchandise, workshop, diskusi.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home