Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:01 WIB | Senin, 13 Juni 2022

Kelaparan Parah di Somalia: Hanya Tuhan Yang Bisa Menolong?

Kelaparan Parah di Somalia: Hanya Tuhan Yang Bisa Menolong?
Seorang anak berusia dua tahun yang kekurangan gizi duduk di sebelah ibunya, kiri, yang baru-baru ini mengungsi karena kekeringan, di pusat stabilisasi malnutrisi yang dijalankan oleh Action against Hunger, di Mogadishu, Somalia Minggu, 5 Juni 2022.
Kelaparan Parah di Somalia: Hanya Tuhan Yang Bisa Menolong?
Dokter Mustaf Yusuf merawat Ali Osman, 3 tahun, yang menunjukkan gejala Kwashiorkor, malnutrisi protein parah yang menyebabkan pembengkakan dan lesi kulit, saat ibunya Owliyo Hassan Salaad, 40 tahun, menahannya di pusat stabilisasi malnutrisi yang dijalankan oleh Action against Hunger, di Mogadishu , Somalia, hari Minggu, 5 Juni 2022. (Foto-foto: AP/Farah Abdi Warsameh)
Kelaparan Parah di Somalia: Hanya Tuhan Yang Bisa Menolong?
Seorang pria Somalia dan istrinya yang melarikan diri dari daerah yang dilanda kekeringan membangun kerangka tempat penampungan sementara di sebuah kamp untuk para pengungsi di pinggiran Mogadishu, Somalia Sabtu, 4 Juni 2022.
Kelaparan Parah di Somalia: Hanya Tuhan Yang Bisa Menolong?
Warga Somalia yang melarikan diri dari daerah yang dilanda kekeringan berjalan di sebelah sekelompok tempat penampungan sementara di sebuah kamp bagi para pengungsi di pinggiran Mogadishu, Somalia Sabtu, 4 Juni 2022.
Kelaparan Parah di Somalia: Hanya Tuhan Yang Bisa Menolong?
Seorang peremjpuan Somalia yang melarikan diri dari daerah yang dilanda kekeringan memberikan air untuk bayinya dari wadah plastik di sebuah kamp untuk pengungsi di pinggiran Mogadishu, Somalia Sabtu, 4 Juni 2022.

MOGADISHU, SATUHARAPAN.COM-Seorang ibu tidak boleh kehilangan anaknya. Tapi Owliyo Hassan Salaad telah menyaksikan empat anaknya mati tahun ini. Kekeringan di Tanduk Afrika telah mengambil mereka, satu per satu.

Sekarang dia menggendong Ali Osman yang berusia tiga tahun yang lemah dan menggeliat, yang dia bawa dalam perjalanan 90 kilometer (55 mil) dari desanya ke ibu kota Somalia, Mogadishu, karena sangat ingin tidak kehilangan dia juga.

Dia duduk di lantai pusat perawatan malnutrisi yang dipenuhi ibu-ibu yang cemas, dia hampir tidak bisa berbicara tentang mayat-mayat kecil yang terkubur di tanah yang terlalu kering untuk ditanami.

Kematian telah dimulai pada bencana kekeringan paling kering di kawasan itu dalam empat dekade. Data yang sebelumnya tidak dilaporkan yang dibagikan pada The Associated Press menunjukkan setidaknya 448 kematian tahun ini di pusat perawatan malnutrisi di Somalia saja. Pihak berwenang di Somalia, Etiopia, dan Kenya kini beralih ke tugas berat untuk mencoba mencegah kelaparan.

Lebih banyak lagi orang yang meninggal tanpa diketahui pihak berwenang, seperti empat anak Salaad, semuanya berusia di bawah 10 tahun. Beberapa meninggal di komunitas penggembalaan terpencil. Beberapa mati di perjualanan untuk mencari bantuan. Beberapa meninggal bahkan setelah mencapai kamp pengungsian, karena kekurangan gizi.

“Pasti ribuan” telah tewas, kata koordinator kemanusiaan PBB untuk Somalia, Adam Abdelmoula, mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa (7/6), meskipun data untuk mendukung itu belum datang.

Salaad meninggalkan empat anak lagi bersama suaminya. Mereka terlalu lemah untuk melakukan perjalanan ke Mogadishu, katanya.

Kekeringan dan Masalah Lain

Kekeringan datang dan pergi di Tanduk Afrika, tetapi ini tidak seperti yang terjadi kali ini. Bantuan kemanusiaan telah dilemahkan oleh krisis global seperti pandemi COVID-19 dan sekarang perang Rusia di Ukraina.

Harga bahan pokok seperti gandum dan minyak goreng naik dengan cepat, di beberapa tempat lebih dari 100%. Jutaan ternak yang menyediakan susu, daging, dan kekayaan bagi keluarga telah mati. Bahkan makanan terapeutik untuk mengobati orang lapar seperti yang dialami putra Salaad menjadi lebih mahal dan, di beberapa tempat, mungkin habis.

Dan untuk pertama kalinya, musim hujan kelima berturut-turut mungkin juga akan gagal.

Sebuah "ledakan kematian anak" akan datang ke Tanduk Afrika jika dunia hanya berfokus pada perang di Ukraina dan tidak bertindak sekarang, kata UNICEF, hari Selasa.

Kelaparan bahkan mengancam ibu kota Somalia saat kamp-kamp pengungsian di pinggiran Mogadishu meluas dengan para pendatang baru yang kelelahan. Salaad dan putranya diusir dari rumah sakit yang penuh sesak setelah tiba sepekan yang lalu.

Mereka malah dikirim ke pusat perawatan untuk orang-orang yang sangat kekurangan gizi di mana kamar-kamarnya penuh, tempat tidur tambahan telah habis, namun beberapa orang harus tidur di lantai.

Para ibu mengernyit, dan bayi meratap, saat tubuh kecil dengan luka dan tulang rusuk yang menonjol diperiksa dengan lembut untuk mencari tanda-tanda pemulihan.

“Puskesmas kewalahan,” kata dr Mustaf Yusuf, dokter di sana. Penerimaan lebih dari dua kali lipat pada bulan Mei menjadi 122 pasien.

Sedikitnya 30 orang tewas tahun ini hingga April di pusat tersebut dan enam fasilitas lain yang dijalankan oleh Action Against Hunger, kata kelompok kemanusiaan itu. Ini menghadapi tingkat penerimaan tertinggi ke pusat-pusat perawatan kelaparan sejak mulai bekerja di Somalia pada tahun 1992, dengan jumlah anak-anak yang kekurangan gizi parah naik 55% dari tahun lalu.

Secara lebih luas, setidaknya 448 orang meninggal tahun ini di pusat perawatan malnutrisi rawat jalan dan rawat inap di seluruh Somalia hingga April, menurut data yang dikumpulkan oleh kelompok kemanusiaan dan otoritas lokal.

Pekerja bantuan memperingatkan bahwa data tersebut tidak lengkap dan jumlah korban tewas secara keseluruhan akibat kekeringan tetap sulit dipahami.

“Kami tahu dari pengalaman bahwa kematian meningkat tiba-tiba ketika semua kondisi sudah ada: pengungsian, wabah penyakit, kekurangan gizi, yang semuanya saat ini kita lihat di Somalia,” kata Biram Ndiaye, kepala nutrisi UNICEF Somalia.

Survei kematian yang dilakukan di beberapa bagian Somalia pada bulan Desember dan lagi pada bulan April dan Mei oleh Unit Analisis Ketahanan Pangan dan Gizi PBB menunjukkan “kemerosotan yang parah dan cepat dalam jangka waktu yang sangat singkat.” Yang paling mengkhawatirkan adalah wilayah Teluk di selatan, di mana kematian orang dewasa hampir tiga kali lipat, kematian anak lebih dari dua kali lipat dan tingkat kekurangan gizi yang paling parah tiga kali lipat.

Kematian dan kekurangan gizi akut telah mencapai “tingkat yang sangat tinggi” di sebagian besar Somalia selatan dan tengah, dan penerimaan anak-anak yang kekurangan gizi akut di bawah lima tahun telah meningkat lebih dari 40% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, menurut Jaringan Sistem Peringatan Dini Kelaparan.

Gangguan oleh Ektremis Al-Shabab

Salah satu komplikasi penting dalam menghitung kematian adalah kelompok ekstremis Al-Shabab, yang menguasai sebagian besar Somalia selatan dan tengah adalah penghalang untuk memberikan bantuan. Tanggapan kerasnya terhadap kelaparan yang didorong oleh kekeringan di Somalia dari 2010-2012 merupakan faktor internal pada lebih dari seperempat juta kematian, setengah dari mereka adalah anak-anak.

Faktor lainnya adalah komunitas internasional responsnya lambat. “Sebuah drama tanpa saksi,” kata koordinator kemanusiaan PBB untuk Somalia saat itu.

Sekarang Alarm Berbunyi Lagi

Lebih dari 200.000 orang di Somalia menghadapi “bencana kelaparan, peningkatan drastis dari perkiraan 81.000 pada bulan April,” sebuah pernyataan bersama oleh badan-badan PBB mengatakan pada hari Senin. Ini juga mencatat bahwa rencana respons kemanusiaan untuk tahun ini hanya didanai sebesar 18% dari kebutuhan.

Somalia tidak sendirian. Di daerah yang terkena dampak kekeringan di Ethiopia, jumlah anak yang dirawat karena kekurangan gizi yang paling parah, “ujung dari krisis,” melonjak 27% pada kuartal pertama tahun ini dibandingkan tahun lalu, menurut UNICEF.

Peningkatannya mencapai 71% di Kenya, di mana Doctors Without Borders melaporkan setidaknya 11 kematian dalam program pengobatan malnutrisi di satu daerah awal tahun ini.

Di salah satu kamp pengungsian yang meluap di pinggiran Mogadishu, pendatang baru-baru ini merasa sedih ketika mereka menggambarkan apa yang disaksikan tentang anggota keluarga mereka meninggal.

“Saya meninggalkan beberapa anak saya untuk merawat mereka yang menderita,” kata Amina Abdi Hassan, yang berasal dari sebuah desa di Somalia selatan dengan bayinya kekurangan gizi. Mereka masih kelaparan saat bantuan tak ada, bahkan di ibu kota. "Banyak yang lain sedang dalam perjalanan," katanya.

Hawa Abdi Osman mengatakan dia kehilangan anak-anak karena kekeringan. Kurus, dan dilemahkan oleh kehamilan lain, dia berjalan lima hari ke Mogadishu. “Kami harus meninggalkan beberapa kerabat kami, dan yang lainnya tewas saat kami menyaksikan,” kata sepupunya, Halima Ali Dhubow.

Semakin banyak orang datang ke kamp setiap hari, menggunakan energi terakhir untuk mendirikan tempat perlindungan sementara di tengah debu, mengikat ranting-ranting dengan kain dan plastik. Beberapa berjalan hingga 19 hari untuk mencapai ibu kota, menurut Dewan Pengungsi Norwegia.

“Tadi malam saja 120 keluarga datang,” kata manajer kamp Nadifa Hussein. “Kami memberi mereka semua persediaan kecil yang kami miliki, seperti roti. Jumlah orang sangat banyak sehingga membantu mereka adalah di luar kemampuan kami. Di masa lalu lembaga bantuan membantu, tetapi sekarang bantuan sangat langka.

“Hanya Tuhan yang bisa membantu mereka,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home