Loading...
RELIGI
Penulis: Melki 16:16 WIB | Senin, 31 Januari 2022

Kelenteng Hok Tek Tjeng Sin Tiadakan Perayaan Malam Imlek

Aktivitas di Klenteng Hok Tek Tjeng Sin Tanah Abang, Jakarta Pusat, jelang Tahun Baru Imlek, Senin (31/1/2022). (Foto: ANTARA)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kelenteng Hok Tek Tjeng Sin Tanah Abang, Jakarta Pusat, meniadakan perayaan malam Tahun Baru Imlek pada Senin guna memutus potensi penyebaran COVID-19, terutama varian Omicron yang sedang melonjak.

Salah satu karyawan Vihara Hok Tek Tjeng Sin, Acip, mengatakan  aktivitas di vihara tersebut hanya dibuka untuk sembahyang tepat pada Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili yang jatuh pada Selasa (1/2).

"Malam Imlek tidak ada kegiatan, hanya diisi sembahyang seperti sehari-hari dari tanggal 1 sampai 3 Januari 2022 mulai pukul 06.00-17.00 WIB," kata Acip di Jakarta, Senin (31/1).

Untuk memastikan kegiatan ibadah berlangsung lancar, Kelurahan Kampung Bali bersama  petugas Satpol PP dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM)  melakukan pemantauan  persiapan Imlek di Vihara Hok Tek Tjeng Sin.

Lurah Kampung Bali Ety Kusmiati menjelaskan bahwa seperti pada tahun-tahun sebelumnya, sejak pandemi COVID-19 Vihara Hok Tek Tjeng Sin memang tidak mengadakan perayaan, kecuali ibadah hingga sore hari.

Menurut Ety, vihara tersebut juga sudah menerapkan protokol kesehatan, seperti tempat cuci tangan, batas jarak aman dan alat pengecek suhu badan.

"Kami berharap sembahyang ini tetap berjalan walaupun tidak seperti yang lalu sebelum pandemi, akan tetapi dapat dilaksanakan dengan tidak mengurangi makna Imlek," kata dia.

Adapun pelaksanaan Imlek secara sederhana ini sejalan dengan imbauan Kementerian Agama.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta pada umat Konghucu senantiasa merayakan Tahun Baru Imlek dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan yang dapat mencegah naiknya kasus COVID-19.

"Pandemi hingga hari ini belum berhenti. Apalagi dengan terus melonjaknya kasus penularan lokal varian Omicron, saat ini sudah seharusnya menjadikan kita makin berhati-hati. Mari kita rayakan Imlek tahun ini dengan kesederhanaan dan jalankan prokes tanpa mereduksi maknanya," kata Yaqut. (Antara)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home