Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:36 WIB | Selasa, 06 Juni 2023

Kelompok Para Militer Rusia Anti Kremlin Rekrut Ribuan Orang

Anggota layanan Legiun Kebebasan Rusia di bawah Angkatan Darat Ukraina bersiap untuk menembakkan mortir ke posisi militer Rusia, saat invasi Rusia ke Ukraina berlanjut, di wilayah Donetsk, Ukraina, 21 Maret 2023. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Kelompok paramiliter All-Russiaan yang anti Kremlin, pro Ukraina yang mengaku bertanggung jawab atas serangan lintas-perbatasan di Belgorod Rusia pekan lalu telah merekrut "ribuan" orang dan akan terus menyerbu wilayah perbatasan Rusia sampai kekuatannya cukup besar untuk meningkatkan serangan di Moskow, menurut laporan The Times pada hari Rabu (31/5).

“Kami memiliki kemampuan yang serius… Kami memiliki mortir, kendaraan lapis baja, alat penyengat, sistem anti tank portabel, dan unit pengintai drone yang sangat efektif,” kata komandan “Legiun Kebebasan Rusia” (LSR) yang diidentifikasi sebagai Caesar kepada The Times.

Caesar mengatakan unitnya kira-kira seukuran battalion, biasanya terdiri dari sekitar 500 hingga 1.000 tentara, tetapi kelompok itu berkembang karena mereka memiliki “ribuan” pelamar. “Kami memiliki aliran rekrutan yang masuk dan itu tumbuh,” katanya.

Dia menambahkan: “Kami akan terus melakukan serangan pelecehan ini sampai kami memiliki wilayah Rusia kami sendiri, sehingga putra dan putri Rusia sejati, patriot sejati, dapat bergabung dengan kami. Begitu itu terjadi, kami akan segera meningkatkan kekuatan dan jumlah kami dan itu akan berakhir dengan serangan ke Kremlin.”

Komandan juga membedakan antara kelompoknya dan kelompok tentara bayaran Rusia Wagner. “Kami bukan sekelompok penjahat atau perusahaan tentara swasta seperti Wagner. Kami bertempur dalam struktur pasukan Ukraina,” kata Caesar. “Tujuan dan tugas utama kami adalah mempertahankan Ukraina dan merebut wilayahnya. Setelah itu kita akan pergi untuk membebaskan rumah kita.”

Dia menyoroti tujuan jangka panjang utama untuk grupnya: “Kami tidak mengatakan kami akan pergi ke Moskow besok. Ini akan terjadi ketika angkatan bersenjata Ukraina membebaskan Krimea. Sistem politik Putin akan dilumpuhkan oleh kekalahan di Krimea. Inilah saatnya kita perlu melakukan pukulan telak terhadap Moskow. Ini yang sedang kami persiapkan”.

Siapakah 'Legiun Kebebasan Rusia' dan apa yang mereka lakukan?

Rusia mengumumkan pada 22 Mei bahwa puluhan orang yang digambarkan sebagai "penyabot" militan Ukraina yang melancarkan serangan setelah menyeberang ke wilayah Belgorod. Insiden tersebut menjadi serangan paling serius ke perbatasan Rusia sejauh ini sejak Presiden Vladimir Putin meluncurkan invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022. Moskow kemudian mengatakan bahwa lebih dari 70 militan tewas atau diusir sebagai bagian dari apa yang disebutnya sebagai opeasi “kontra-terorisme.”

Ukraina membantah terlibat langsung dalam serangan Belgorod dan menuding dua kelompok Rusia, "Korps Sukarelawan Rusia" dan "Legiun Kebebasan Rusia" (LSR). Dua kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut mengidentifikasi diri mereka sebagai sukarelawan Rusia yang berjuang bersama pasukan Kiev dalam pemberontakan melawan pemerintahan Putin.

Pada saat penyerbuan lintas batas, juru bicara intelijen militer Ukraina, Andriy Yusov, menyoroti bahwa kelompok paramiliter secara eksklusif terdiri dari warga negara Rusia dan mengatakan bahwa mereka melancarkan serangan untuk "membebaskan" wilayah Belgorod dari kekuasaan Putin dan menciptakan "zona keamanan" di perbatasan untuk melindungi warga sipil Ukraina dari serangan lintas perbatasan Rusia.

"Legiun Kebebasan Rusia" (LSR) mengidentifikasi dirinya sebagai unit sukarelawan Rusia "yang dibentuk pada musim semi 2022 berdasarkan keinginan orang Rusia sendiri untuk berperang melawan geng bersenjata Putin di jajaran Angkatan Bersenjata Ukraina." Kelompok tersebut mengatakan bahwa mereka “bertempur dalam kerja sama penuh dengan Angkatan Bersenjata Ukraina dan di bawah kepemimpinan komando Ukraina.”

Surat kabar Ukraina Ukrayinska Pravda menggambarkan LSR sebagai "unit militer dalam Angkatan Bersenjata Ukraina, dan diduga terdiri dari tawanan perang Rusia, pembelot Angkatan Bersenjata Rusia, serta sukarelawan Rusia lainnya yang memihak Ukraina." (The Times/ Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home