Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 13:52 WIB | Rabu, 29 Januari 2020

Kelompok Tani Mama-mama Jayapura Panen Perdana Kacang Tanah

Bupati Jayapura yang diwakili Asisten II Edy Susanto bersama Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon melakukan panen perdana kacang tanah serta penanaman bibit cabai dari Kelompok Tani Na'Nang (mama - mama) Binaan Bhabinkamtibmas (Foto: Antara/HO/Humas Polres Jayapura)

SENTANI, SATUHARAPAN.COM - Bupati Jayapura yang diwakili Asisten II Edy Susanto bersama Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon dan Kelompok Tani Na'Nang (mama-mama), Selasa (28/1), melakukan panen perdana kacang tanah serta penanaman bibit tanaman cabai.

Kelompok Tani Na'Nang merupakan binaan Babinkamtibmas Polsek Kemtuk Gresi. Mereka menanam kacang tanah dan cabai di lahan milik Polsek Kemtuk Gresi.

Panen perdana kacang tanah yang ditanam mama-mama yang berdomisili di Kampung Sawoi, Distrik Kemtuk Gresi yang tergabung dalam Kelompok Tani Na'nang binaaan Babinkamtimas Bripka Amos La Tonglo dengan memanfaatkan lahan kosong yang berada di samping Markas Polsek Kemtuk Gresi.

Kegiatan panen perdana dihadiri Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, Bupati Jayapura yang diwakili Asisten II Edy Susanto, para pejabat utama Polres Jayapura, Kapolsek Kemtuk Gresi Iptu Absalon I Tokoro.

Selain itu Danramil Kemtuk Gresi Kapten Sungging Nurul Wijaya, para Kepala Kampung se Distrik Kemtuk Gresi, Tokoh Adat, Agama dan Ondoafi serta warga masyarakat Distrik Kemtuk Gresi.

"Kami senang di Distrik Kemtuk Gresi ini ada giat kelompok dari ibu-ibu Na'Nang yang selalu semangat untuk bekerja, agar supaya di tempat lain bisa mengikuti semacam kelompok Na'nang ini, dengan menanam kemudian bisa menjualnya sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan keluarga mereka," kata Kepala Distrik Kemtuk Gresi Sitriman Basuki.

Mama Yohana Yaru selaku Ketua Kelompok Na'Nang mengatakan pihaknya dibina oleh Babinkamtibmas Polsek Kemtuk Gresi. Kelompok ini mulai bekerja pada Mei 2019 dimana sudah dimulai membersihkan dan menyiapkan lahan.

"Anggota kami terdiri dari 12 mama-mama, 11 orang di antaranya berstatus janda, saya bangga karena bisa ikut serta dalam program ini, di mana hari ini Bapak Kapolres dan Asisten II bersedia hadir dan datang ke Kemtuk Gresi untuk panen perdana kacang tanah dan penanaman perdana cabai," ujarnya.

"Sebelum ada kelompok ini kita tanam sendiri - sendiri, namun dari Babinkamtibmas mengumpulkan kami untuk bersama - sama bercocok tanam, hasilnya walaupun tidak sepenuhnya namun sedikit-sedikit bisa membantu memenuhi kebutuhan kami," katanya.

Sementara itu, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, mengatakan pelaksanaan panen raya kacang tanah dan juga penanaman perdana cabai di Kampung Sawoi, dipelopori Babinkamtibmas.

"Kegiatan penanaman ini sudah dilakukan semenjak kurang lebih enam bulan yang lalu dan hari ini kita melaksanakan panen perdana. Kita berharap dengan adanya kegiatan memberdayakan masyarakat ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kampung Sawoi," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga didukung dan dibantu oleh rekan-rekan dari Babinsa, aparat Distrik, maupun penyuluh -penyuluh lapangan agar hasil yang ditanam ini mendapatkan hasil melimpah. Selain kacang ditanami juga jagung, cabai, pepaya dan kangkung.

"Kami berharap dari Kelompok Tani Na'nang ini bisa menjadi pelopor kelompok-kelompok yang lain untuk memberdayakan tanahnya dan juga memberdayakan kemampuanyya untuk bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomi," katanya.  (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home