Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:15 WIB | Selasa, 24 Desember 2019

Kemampuan Fisik Anak Jepang Menurun Akibat Telepon Pintar

Survei nasional, yang dilakukan Badan Olahraga Jepang, menemukan bahwa kekuatan fisik dan kemampuan atletik anak-anak telah menurun. (Foto: nhk.or.jp)

JEPANG, SATUHARAPAN.COM – Survei nasional, yang dilakukan Badan Olahraga Jepang, menemukan bahwa kekuatan fisik dan kemampuan atletik anak-anak telah menurun. Badan ini menyatakan penurunan terjadi sebagian disebabkan oleh telepon pintar, yang dilansir nhk.or.jp, pada Senin (23/12).

Survei tahunan ini, mencermati aktivitas fisik, seperti lari dan melempar bola, serta gaya hidup anak-anak. Survei yang diselenggarakan dalam tahun fiskal yang tengah berjalan ini mencakup lebih dari 2,1 juta anak-anak SD kelas lima dan kelas dua SMP.

Kekuatan fisik rata-rata tahunan, anjlok dari tahun fiskal sebelumnya, baik untuk anak lelaki maupun perempuan. Rata-rata anak lelaki kelas lima SD anjlok ke level terendah sejak survei dimulai tahun fiskal 2008.

Survei tahun ini menemukan bahwa anak-anak, terutama anak lelaki, menghabiskan lebih banyak waktu menonton TV atau menggunakan telepon pintar. Sedangkan waktu yang dihabiskan pelajar SMP dalam aktivitas atletik turun menjadi lebih dari 90 menit per pekan.

Badan ini menyatakan, kekuatan fisik dan aktivitas atletik mengalami perbaikan bagi anak lelaki dan anak perempuan dalam beberapa tahun terakhir, sehingga hasil tahun ini patut dicermati dengan serius.

Badan ini juga menyebutkan adanya batasan yang bisa dilakukan pihak sekolah, dan menambahkan perlu ada keterlibatan dari kemasyarakatan.

Profesor Universitas Gakuin Nagoya Takahiro Nakano, yang terlibat dalam analisis, mengatakan panasnya musim panas yang hebat selama beberapa tahun terakhir mungkin telah menyulitkan untuk menemukan waktu bagi anak-anak untuk berolahraga di luar ruangan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home