Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 01:02 WIB | Senin, 30 April 2018

Kembang Jati Art house Gelar "Garden Party"

Kembang Jati Art house Gelar "Garden Party"
Lukisan berjudul "Di Sangkar Emas" karya Godek Mintorogo (kiri) dan "Ekspresi" karya Sabar Jambul (kanan) pada pameran "Garden Party" di Kembang Jati art house. (Foto-foto: Moh. Jauhar al-Hakimi)
Kembang Jati Art house Gelar "Garden Party"
Pameran "Garden Party" di Kembang Jati art house, 27 April - 30 Mei 2018.
Kembang Jati Art house Gelar "Garden Party"
Jembatan - akrilik di atas kayu - Rismanto - 2018.

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menandai satu tahun berkiprah di dunia seni rupa, Limas art house menggelar pameran bersama melibatkan dua puluh tiga seniman-perupa. Pameran tersebut sekaligus menjadi penanda baru bagi rumah seni (art house) yang berada di Jalan Kesejahteraan Sosial Kasihan-Bantul dengan berganti nama menjadi Kembang Jati art house.

Menandai pergantian nama tersebut dihelat pameran lukisan mengangkat tajuk "Garden Party" melibatkan seniman-perupa diantaranya Bambang HR, Sabar Jambul, Edy Poerwanto, Rismanto, Lukman van Gogh, Meuz Prast, Joseph Wiyono, Bayu AB, Bagus Triyono, Karte Wardaya, Ahmad Alwi, Ekwan Marianto. 

Pameran sekaligus open studio dibuka pada Jumat (27/4) sore oleh seniman-perupa Jumaldi Alfi. Kedua puluh tiga seniman terlibat memamerkan sebanyak tiga puluh dua lukisan. Dalam perjalanan setahun beberapa pameran tunggal maupun pameran bersama sudah digelar memanfaatkan ruang pamer. Awal bulan April baru saja selesai dihelat pameran presentasi karya empat mahasiswa residensi dari jurusan Seni Halus (fine art) Fakultas Seni dan Desain, Universitas Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam-Malaysia.

"Bergantinya nama menjadi Kembang Jati art house hanya sebagai penanda untuk melangkah menuju lebih baik. Semangatnya masih tetap sama yakni berbagi ruang untuk kegembiraan bagi siapapun. Silakan teman-teman seniman-perupa ataupun masyarakat luas memanfaatkan ruang yang ada di Kembang Jati untuk berkegiatan, berproses mencipta karya. ataupun menyajikan karyanya di sini. Disiplin seni apapun." jelas pemilik Kembang Jati art house Ekwan Marianto kepada satuharapan.com, Minggu (29/4) sore.

Nama Kembang Jati dipilih bersama-sama oleh pengelola art house salah satunya adalah berada di rerimbunan pohon Jati (Tectona grandis). Selain ruang pamer yang memanfaatkan bangunan rumah limasan kampung sederhana berdinding anyaman bambu, halaman art house bisa dimanfaatkan untuk display karya di luar ruangan, latihan ataupun perform seni pertunjukan.

"Progres selama setahun berkiprahnya Limas art house kita evaluasi bersama-sama untuk digunakan dalam penyusunan program selanjutnya. Harapannya studio bisa lebih optimal digunakan untuk kegiatan diskusi, workshop, ataupun pementasan seni lainnya dan bisa diakses oleh masyarakat luas." jelas Ekwan.

Pameran "Garden Party" akan berlangsung hingga 17 Juni 2018 di Kembang Jati art house Jalan Kesejahteraan Sosial No. 6 Ngestiharjo, Kasihan-Bantul.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home