Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 15:36 WIB | Kamis, 15 Desember 2016

Kemenag: Agama Berperan Membentengi Penularan AIDS

Kepala Biro Umum Kementerian Agama (Kemenag), Syafrizal. (Foto: kemenag.go.id)

CIANJUR, SATUHARAPAN.COM – Agama berperan membentengi generasi muda dari penularan penyakit Acquired Immune Deficiency Syndrome atau yang biasa dikenal dengan AIDS.

“Agama merupakan salah satu benteng dalam berperilaku, seseorang dengan kontrol agama yang kuat kemungkinan terjangkit HIV dan AIDS sangat kecil," kata Kepala Biro Umum Kementerian Agama (Kemenag), Syafrizal, hari Rabu (14/12), saat memberi kata sambutan di “Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS melalui Sektor Agama”, di Cianjur, Jawa Barat.

Kementerian Agama menyelenggarakan “Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS melalui Sektor Agama” di Wisma Ciloto, Cianjur, Jawa Barat.

Kegiatan ini bertujuan memberikan dan meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan dan penanggulangan melalui perspektif agama. Sosialiasi ini berlangsung  mulai dari hari Rabu (14/12) sampai dengan Kamis (15/12).

Syafrizal mengatakan  penularan HIV dan AIDS dimungkinkan terjadi akibat perilaku yang jauh dari agama.

Syafrizal mengatakan Kementerian Agama akan mengembangkan beberapa hal antara lain mengintensifkan peran dan keterlibatan penyuluh agama terutama di daerah wisata.

Kabupaten Cianjur dan Bogor sebagai salah satu daerah wisata tidak terlepas dari ancaman penularan HIV dan AIDS. Data dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Cianjur selama bulan Januari-Juli di Kabupaten Cianjur terdapat 52 kasus HIV AIDS. Sedangkan data Dinas Kesehatan Kota Bogor 2.403 orang di Kota Bogor dan 1.034 orang di Kabupaten Bogor terjangkit virus HIV.

Kegiatan ini dihadiri dari berbagai unsur masyarakat yang berbeda antara lain dari Kementerian Agama, Kemenag Kabupaten Cianjur, Kemenag Kabupaten Bogor, Komisi Penanggulangan AIDS Nasional, serta lembaga keagamaan.

Diharapkan nantinya aparatur Kementerian Agama, tokoh agama yang merupakan peserta kegiatan ini dapat berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS dengan menyampaikan kepada masyarakat luas.

Selain itu, melalui kegiatan ini dapat menghasilkan booklet agar dapat dibaca oleh masyarakat serta pedoman umum bagi penyuluh di lapangan tentang penanggulangan AIDS melalui sektor agama. (kemenag.go.id)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home