Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:14 WIB | Selasa, 13 Mei 2014

Kemenangan Atas Lille Catatkan Rekor bagi PSG

Ibrahimovic (kaus putih, PSG, tengah) dikelilingi beberapa pemain Lille saat menguasai bola. (Foto: psg.fr)

LILLE, SATUHARAPAN.COM – Paris Saint Germain (PSG) menorehkan rekor saat membekuk Lille 3-1 di Stadion Pierre-Mauroy, Minggu (11/5) dini hari WIB pada lanjutan pekan ke-37 Liga Prancis.

Rekor yang dimaksud yakni PSG yang berada di puncak klasemen saat ini memperoleh nilai 86,  sebuah rekor yang belum pernah terjadi di Liga Prancis saat sebuah tim dalam satu musim kompetisi mencapai nilai tersebut.

PSG memastikan diri sebagai juara Liga Prancis musim ini pekan lalu, karena saat ini nilai PSG 86, sementara peringkat kedua AS Monaco baru meraup 79 poin, sedangkan pertandingan Liga Prancis tinggal tersisa satu pekan lagi.

Paris Saint-Germain Football Club atau dikenal luas dengan sebutan PSG merupakan sebuah tim sepak bola Perancis yang bermain di Ligue 1, Perancis. Bermarkas di Paris, Perancis. Klub ini didirikan pada 12 Agustus 1970, berkat penggabungan Paris FC dan Stade Saint-Germain.

Prestasi yang telah diraih PSG antara lain empat kali juara Liga Prancis pada 1986, 1994, 2013, dan 2014. Kemudian delapan kali juara Piala Prancis 1982, 1983, 1995, 1996, 1998, 2004, 2006, dan 2010. Pada kompetisi domestik mereka juga pernah empat kali meraih Piala Liga 1995, 1998, 2008, dan 2014. Serta masing-masing satu kali Piala Winners pada 1996, dan Piala Intertoto tahun 2001.

PSG mendapat peluang pertama mencetak gol menit kesembilan saat Lucas Moura mengirim bola kepada Zlatan Ibrahimovic di kotak penalti Lille.  Sang top skorer liga ini menggiring bola melewati bek Lille Simon Kjaer dan melepaskan tembakan. Bola tendangan Ibrahimovic yang mengenai Kjaer melambung di atas mistar.

Yohan Cabaye, yang kembali ke klub pertamanya menciptakan peluang menit ke-34,  gelandang PSG bernomor 4 ini melepaskan tembakan dari jarak 25 meter yang menyebabkan kiper Lille, Vincent Enyeama harus berjibaku untuk menepis bola sepakan kencang. 

Klub dari kota Paris ini terpaksa kehilangan salah satu andalannya, karena Cabaye terkena tekel keras dari gelandang Lille Marvin Martin, dan Cabaye terpaksa ditandu keluar lapangan, sementara pengatur serangan Lille itu diusir keluar lapangan oleh wasit Ruddy Buquet pada menit ke-37.  

Keunggulan satu pemain dimanfaatkan PSG menit ke-42, Lucas memberi bola ke Ibrahimovic di tengah lapangan dan pemain tim nasional Swedia ini memberikan operan balik yang hebat kepada Lucas. Bola hasil tendangan pemain Brasil ini berhasil ditahan Enyeama tetapi Marquinhos menyambut bola muntah dengan tandukan untuk menaklukkan gawang Lille dan PSG memimpin saat babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Lille sempat bangkit dan membahayakan gawang PSG babak kedua saat bola hasil tandukan bek Marko Basa hanya menyamping di pojok atas gawang PSG yang dijaga Salvatore Sirigu menit ke-56.

PSG mencetak gol kedua lewat Lucas sebelumnya bola dikendalikan oleh Javier Pastore yang mengoper bola kepada Lucas di sisi kanan. Dalam posisi satu lawan satu dengan Enyeama, pemain Brasil ini melepaskan tendangan keras ke sisi bawah tiang jauh pada menit ke-65.

Lucas kemudian menjadi arsitek gol ketiga. Sebelum mencetak gol Lucas menggiring bola 25 meter di luar kotak penaltidan mengoperkan bola kepada Matuidi. Gelandang tim nasional Prancis yang berdiri bebas ini dengan mudah menjaringkan bola melewati Enyeama guna menjaringkan gol ketiga yang tercipta menit ke-82. Jonathan Delaplace mencetak gol hiburan bagi tuan rumah memanfaatkan umpan dari Salomon Kalou menit ke-90 yang bertahan hingga pertandingan usai.

Hasil pertandingan lainnya: AC Ajaccio - Stade de Reims : 2-1
Girondins de Bordeaux - Olympique de Marseille : 1-1
Evian TG FC - OGC Nice : 2-0
EA Guingamp - Toulouse FC : 2-0
Olympique Lyonnais - FC Lorient : 0-1
Montpellier Hérault SC - SC Bastia : 0-2
FC Nantes - AS Saint-Etienne : 1-3
Stade Rennais FC - FC Sochaux-Montbéliard : 1-2
Valenciennes FC - AS Monaco FC : 1-2. (psg.fr/soccerway.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home