Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 19:05 WIB | Senin, 21 Maret 2016

Kemendag Selenggarakan Lomba Menulis Konsumen Cerdas

Situs harkonas.id. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan mengajak jurnalis, mahasiswa dan blogger lomba menulis tentang konsumen cerdas (Koncer).

Tantangan ini ditujukan untuk menyebarluaskan gerakan perlindungan konsumen. Lomba dibuka hari Senin (21/3) sebagai rangkaian peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) yang akan diperingati pada 20 April 2016.

Dirjen PKTN, Widodo, menuturkan lomba menulis ini dimaksudkan agar gerakan perlindungan konsumen semakin disadari masyarakat.

"Gerakan perlindungan konsumen sebagai simbol bagi konsumen yang sadar hak dan kewajibannya serta cinta produk dalam negeri," kata Widodo dalam siaran pers, hari Senin (21/3).

Lomba tulis ini mengusung tema “Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri dan Cinta Produk Dalam Negeri”.

Ada tiga topik tulisan yang dapat dipilih, yaitu: (1) Pentingnya menjadi konsumen cerdas dalam menghadapi MEA; (2) Mengapa konsumen cerdas Indonesia perlu memahami SNI; dan (3) Mencerdaskan konsumen Indonesia melalui penggunaan produk dalam negeri yang berkualitas.

Dengan populasi sebesar 255 juta jiwa, Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial bagi produk dalam dan luar negeri. Pasca diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN awal 2016, masyarakat perlu meningkatkan pengetahuan dan kesadaran agar menjadi konsumen cerdas.

"Tulisan jurnalis, mahasiswa dan blogger diharapkan dapat lebih aktif mengedukasi, menyuarakan, dan menularkan sikap konsumen cerdas,” tambah Widodo.

Khusus untuk lomba tulis jurnalis, tulisan harus dimuat di media cetak maupun online pada periode 21 Maret - 30 April 2016. Sementara untuk kategori mahasiswa dan blogger masa penyerahan tulisan berlangsung lebih singkat yakni 21 Maret - 15 April 2016.

Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah lomba tulis mahasiswa dan blogger akan dilakukan pada 26 April 2016 di Jakarta, dan untuk wartawan akan disampaikan pada pertengahan Mei 2016.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ketentuan dan persyaratan lomba tulis jurnalis, mahasiswa dan blogger, dapat dilihat melalui www.harkonas.id.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home