Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:04 WIB | Kamis, 12 November 2020

Kemendikbud Akan Angkat Satu Juta Guru Honorer Jadi PPPK

Mendikbud, Nadiem Makarim, saat mengunjungi Pulau Rote, hari Selasa (10/11/2020). (Foto: Ist)

ROTE NDAO, SATUHARAPAN.COM-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan kementeriannya tengah menyiapkan pengangkatan guru honorer menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sebanyak satu juta pada 2021.

"Kapasitas formasinya cukup banyak untuk guru honorer sampai satu juta," katanya dalam kunjungannya ke Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Rabu (11/12).

Dia menjelaskan formasi PPPK tersebut dari daerah. Namun, masalahnya pemerintah daerah baru menyiapkan sekitar 200.000 formasi. Padahal, kebutuhannya lebih dari jumlah tersebut.

"Oleh karena itu, kami meminta agar daerah benar-benar menyiapkan berapa kebutuhannya. Kepala sekolah juga perlu mendorong kepala dinasnya, sampaikan berapa kebutuhannya," katanya.

Dia menambahkan hal itu merupakan kesempatan bagi guru honorer di daerah 3T (terdepan, terpencil, terluar) agar bisa diangkat menjadi PPPK. Pengangkatan tersebut akan dimulai pada 2021 dengan mekanisme seleksi yang berkeadilan.

Namun dia mengatakan agar  guru-guru honorer yang sudah bergaji upah minimum regional (UMR) untuk menahan diri. “Kita fokus membenahi kesejahteraan guru honorer yang masih digaji Rp 200.000, namun kerjanya sama dengan yang digaji UMR dan PNS," katanya dikutip Antara.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home