Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:16 WIB | Senin, 23 Januari 2017

Kemendikbud Prioritaskan UN Berbasis Komputer

Ilustrasi: siswa mengikuti proses belajar komputer di laboratorium komputer yang berjumlah 40 unit di SMAN 34, Jakarta, Jumat (6/3/15). (Foto: Antara/M Agung Rajasa)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM  - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun Ajaran 2016/2017, yang akan memprioritaskan  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dalam SE tersebut dijelaskan bahwa bagi sekolah yang sudah memiliki komputer dengan kapasitas lebih dari 20 unit, dan satu unit server diwajibkan melaksanakan UNBK, seperti dilansir situs kemdikbud.go.id.

Mendikbud menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan seluruh Kepala Dinas Pendidikan di Kabupaten/Kota, menetapkan sekolah yang belum dapat melaksanakan UNBK di sekolahnya sendiri, maka  siswa dapat  mengikuti UN di tempat pelaksanaan UNBK yang berada dalam radius maksimal lima kilometer.

Kemendikbud,  telah menyiapkan aplikasi pada laman http://spasial.data.kemdikbud.go.id/unbk/ yang dapat digunakan untuk melakukan proses pemanfaatan bersama fasilitas komputer sekolah pelaksana UNBK.

Mendikbud mengimbau pemerintah daerah,  agar dapat membantu pengadaan sekolah-sekolah yang belum memiliki komputer, terutama sekolah yang berlokasi jauh dari sekolah pelaksana UNBK, dengan tetap mempertimbangkan ketersediaan listrik.

Dinas Pendidikan Provinsi dan/atau Kabupaten/Kota dapat melaporkan kesiapan pelaksanaan UNBK di wilayahnya kepada Kemendikbud paling lambat tanggal 25 Januari 2017 melalui laman http://spasial.data.kemdikbud.go.id/unbk/ .

Kemudian untuk memungkinkan pemanfaatan bersama komputer yang dimiliki sekolah, madrasah, maupun pendidikan kesetaraan, Kemendikbud telah menetapkan jadwal pelaksanaan UN yang berbeda untuk setiap jenjang.

UN untuk SMK/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) akan dilaksanakan terlebih dahulu pada tanggal 3 sampai dengan 6 April 2017.  Untuk SMA/Madrasah Aliyah (MA), UN akan dilaksanakan pada tanggal 10 sampai dengan 13 April 2017.

Kemudian untuk UN SMP/Madrasah  Tsanawiyah (MTs) akan dirancang menjadi dua gelombang sebagai solusi untuk masalah kekurangan komputer. Gelombang pertama UN SMP/MTs akan berlangsung pada tanggal 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017, sedangkan gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017. 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home