Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 17:31 WIB | Kamis, 02 Januari 2020

Kemenkes Bantu Atasi Trauma Psikologis Akibat Banjir

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto ketika mengunjungi pengungsi di Kampus Universitas Borobudur, Jakarta Timur, Kamis (2/1/2020).(Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membantu mengoordinasikan sebanyak 11.000 orang untuk membantu pengungsi akibat banjir Jakarta serta kawasan lain dan mengerahkan bantuan psikologis untuk membantu menghilangkan trauma kaum yang rentan.

"Kita bersama-sama prihatin dan kalau dari Kementerian Kesehatan mengecek supaya mencegah supaya jangan sampai muncul penyakit maupun wabah. Dari sisi psikologis, kita gerakkan teman-teman dari puskesmas maupun dari TNI dan Polri untuk membantu supaya tidak ada trauma psikologis," kata Menkes Terawan Agus Putranto ketika ditemui saat mengunjungi pengungsi di penampungan di Kalimalang, Jakarta Timur, Kamis (2/1).

Bantuan psikologis, kata dia, diberikan untuk menghindari adanya dampak berpindahnya pengungsi yang tadinya tinggal di rumah tapi kemudian harus mengungsi yang dapat menyebabkan tekanan.

Sejauh ini terdapat 11.000 orang yang membantu pengungsi akibat banjir yang terjadi di Jakarta dan kawasan lain di Indonesia yang terdiri dari jajaran Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan provinsi, kepolisian, TNI dan sukarelawan.

"Artinya kegotongroyongan untuk membantu sesama itu luar biasa. Itu (11.000 orang) untuk semua daerah yang terdampak banjir," katanya.

Sekitar 60.000 orang dikabarkan mengungsi akibat banjir yang terjadi di daerah Jakarta dan sekitarnya dengan data yang terus diperbarui.

Sementara itu, menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebanyak 16 orang meninggal dunia akibat banjir dalam dua hari terakhir di Jabodetabek yang terjadi salah satunya akibat intensitas curah hujan yang tinggi.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan ada kemungkinan terjadi intensitas curah hujan ekstrem di wilayah Indonesia bagian barat dan tengah hingga 15 Januari 2020. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home